Menjadi Solusi Pembiayaan Syariah, Sanggupkah Payago?

Co-founder payago Taufik Ganesha( kiri), dan founder payago Raine Renaldi (kanan)
Co-founder payago Taufik Ganesha( kiri), dan founder payago Raine Renaldi (kanan)

Jakarta, Akuratnews.com - Ditengah masyarakat yang sudah teredukasi dengan E- Payment, aplikasi Payago optimis meraih pangsa pasar dikarenakan mengusung konsep syariah dan mengandeng lembaga lembaga koprasi syariah di Indonesia.

Hasil riset dari wearesocial.com menunjukan pengguna internet per januari 2019 di Indonesia sebesar 150 Jt dan pengguna yang sudah teredukasi dengan system E- Payment mencapai lebih dari 115jt orang ( Pengguna OVO 115jt dan Gojek 155jt jiwa).

Sementara itu, Menurut data OJK per April 2019 ada sebanyak 25.550.944 pengguna jasa perbankan Syariah. Jumlah tersebut merupakan indikator penting tentang ketertarikan Pasar mengenai sistem ekonomi Syariah.

Dari gambaran tersebut Payago hadir sebagai Solusi E-Payment yang menawarkan differensiasi dengan mengusung konsep Syariah dan halal payment dengan menggandeng lembaga lembaga koprasi syariah di indonesia. Sehingga Payago seakan berada di dalam Blue Ocean Market dan tidak berhadapan langsung dengan E-Payment Konventional yang sudah ada sebelumnya.

"Ada sebuah Free market yang bisa diolah menjadi pengguna Payago nantinya, Sedangkan nasabah Koperasi akan menjadi captive market yang secara otomatis akan menjadi pengguna payago ketika koperasi tersebut bergabung Bersama payago" Ungkap Raine Renaldi founder dari aplikasi Payago pada Jumat (20/4/2020).

Raine juga menjelaskan bahwa ia optimis saat ini adalah waktu yang tepat untuk penetrasi pasar.

"Pada tahun 2017 Saya memulai payago sebagai payment gateway untuk salah satu  produk digital, namun memutuskan untuk di hold dikarenakan isu regulasi. Setelah itu pada tahun  2019 dipilih untuk memulai kembali dikarenakan dirasa waktu nya sudah tepat dilihat dari masyarakat sudah terbiasa menggunakan E-payment, dan sudah ada nya kebutuhan infrastruktur koperasi khsusunya Syariah yang membutuhkan halal payment, sehingga saya optimis saat ini waktu yang tepat untuk penetrasi pasar." tambah Raine.

Payago adalah sebuah Giant Platform memiliki Concept syari’ah multy payment ecosystem. Dimana adanya sebuah ekosistem yang terpusat dalam 1 platform serta menyediakan kegiatan transaksi yang halal.

Payago akan menjadi mitra Platform digital bagi lembaga Koperasi Syariah, yang mana pihak Koperasi akan terbantukan dengan adanya Infrastruktur digital dari payago , dan Payago akan terbantukan dengan jumlah Pengguna yang bertambah dari captive market / nasabah koperasi tersebut, sehingga terjadi sebuah symbiosis mutualisme yang baik.

Penulis: Redaksi

Baca Juga