Rekam Jejak Budi Gunadi Sadikin

Jadi Menkes Pertama Bukan Dokter, Lulusan ITB Ini Sebut Kesehatan Ada di Depan Ekonomi

Jakarta, Akuratnews.com - Terpilihnya nama Budi Gunadi Sadikin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Kesehatan (Menkes) yang baru menggantikan Terawan Agus Putranto banyak membuat pihak bertanya-tanya. Paaalnya, ini pertama kalinya Menkes tidak dijabat oleh dokter atau yang punya pendidikan kesehatan.

Dilihat latar belakang akademisnya, Budi Gunadi Sadikin adalah seorang lulusan Fisika Nuklir Institut Teknologi Bandung (ITB). Dalam perjalan kariernya, ia banyak berkecimpung di perbankan.

Dijabatannya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara I, Budi Gunadi membidangi BUMN Kesehatan dan Farmasi. Ia juga terlibat aktif dalam penanggulangan pandemi Covid-19 sejak pertama kali penyakit ini masuk Indonesia, Maret 2020.

Budi juga aktif memonitor dan mengelola 70 rumah sakit BUMN. Salah satunya dalam menaikkan kapasitas tempat tidur RS BUMN menjadi lebih dari 6.500.

Pakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI), Pandu Riono di akun Twitter-nya @drpriono1 menyebut jika Budi layak menjadi Menkes lantaran punya semangat yang tinggi guna mereformasi manajemen dan sistem kesehatan publik yang lumpuh.

"Budi Gunadi Sadikin punya visi & semangat atasi Pandemi secepatnya. Kesal pd kinerja kemenkes & Satgas. Budi layak jadi MENKES yg baru, ia punya cita2 16 juta vaksinasi dilakukan sebulan. Menkes tidak perlu dokter untuk mereformasi manajemen & sistem kesehatan publik yg lumpuh," tulis Pandu, Minggu (20/12).

Di masa pandemi Covid-19, pria kelahiran Bogor, 6 Mei 1964 ini juga dipercaya menjadi Ketua Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional (Satgas PEN).

Dalam menjalankan tugasnya, ia menegaskan aspek kesehatan ada di depan ekonomi, karena jika kesehatan membaik, maka ekonomi akan mengikuti.

"Nomor satu ini jelas, Pak Presiden jelas, bahwa yang di depan sektor kesehatan. Jadi kesehatan harus pulih dulu baru ekonomi, karena apapun yang kita lakukan, pandeminya pandemi kesehatan. Kita harus dorong itu (kesehatan) supaya pulih dulu, baru ekonomi menyusul," kata Budi beberapa waktu lalu.

Selamat bekerja pak... Segera tuntaskan pandemi Covid-19 ini!

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga