Menkominfo Kunker ke Kupang Tinjau Ruang Kendali Satelit SATRIA-1

Tiba di Bandara El Tari Kupang pada pukul 06.00 WITA, Menkominfo didampingi oleh Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang, Kepala Biro Umum Sensilaus Dore, Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Kupang Latuse, dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi. || Foto: Kemenkominfo.

AKURATNEWS - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate memulai kunjungan kerja di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu, 23 Februari 2022.

Tiba di Bandara El Tari Kupang pada pukul 06.00 WITA, Menkominfo didampingi Staf Khusus Bidang Komunikasi Politik Philip Gobang, Kepala Biro Umum Sensilaus Dore, Kepala Balmon Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Kupang Latuse, dan Wakil Gubernur NTT, Josef Nae Soi.

Kunjungan digelar selama dua hari di Kota Kupang, Menteri Johnny G. Plate akan meninjau meninjau secara langsung Pembangunan Ruang Kendali Satelit Bumi SATRIA untuk penyediaan jaringan telekomunikasi serta meresmikan bangunan aula di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

“Jadi kunjungan Bapak Menteri Kominfo, Johnny G. Plate ke Kupang ini dalam rangka menghadiri dua kegiatan sekaligus yakni meninjau Lokasi Pembangunan Ruang Kontrol Satelit Bumi Satria, dan meresmikan Gedung St Arnoldus Janssen serta Aula St. Maria Immaculata yang berada di Kampus Universitas Katolik Widya Mandira,”

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo, Sensilaus Dore, dalam release pers, Selasa, 23 Februari 2022.

Dalam kunjungan kerja selama dua hari, Menteri Johnny juga diagendakan untuk menyaksikan dan berdialog dengan penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris secara daring.

“Setelah seremoni pengguntingan pita peresmian, Pak Menteri akan menyapa secara virtual para penerima beasiswa pelatihan bahasa Inggris melalui zoom meeting,” jelasnya.

Untuk agenda utama, Kabiro Umum Setjen Kementerian Kominfo menyatakan Menteri Johnny akan meninjau pembangunan stasiun bumi yang akan berfungsi sebagai stasiun pusat pengendali dan pengawas alur pergerakan Satelit Multifungsi SATRIA 1 di Kelurahan Balok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

“BAKTI Kementerian Kominfo membangun 11 lokasi stasiun bumi. Sebelumnya Menkominfo telah melakukan Groundbreaking Ceremony Stasiun Bumi Proyek KPBU Satelit Multifungsi, di Gedung PSN, Cikarang, Jawa Barat, Agustus tahun lalu. Nah, besok melihat secara langsung bagaimana persiapan pembangunan Satelit Bumi yang ada di sini,” kata Sensilaus Dore.

Berdasarkan data dari BAKTI, kemajuan konstruksi pondasi antena pembangunan gateway SATRIA-1 untuk lokasi Kupang saat ini masih 50%. Kemudian, kemajuan konstruksi gedung telah mencapai 39%. Untuk panel dan kabel power, kini tengah dalam tahap pengadaan. Sementara mengenai sambungan listrik (PLN) sedang menunggu instalasi.***

Penulis:

Baca Juga