Menlu Retno Ungkap Fakta Rumor Indonesia Buka Hubungan dengan Israel

Humas Kemlu

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menepis rumor yang beredar bahwa Indonesia berencana untuk melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

“Mencermati sejumlah pemberitaan yang mengatakan bahwa Indonesia akan segera menormalisasi hubungan dengan Israel, dan sebagai tidak lanjut arahan Bapak Presiden kepada Menteri Luar Negeri, saya sampaikan hingga saat ini tidak ada niat Indonesia untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel,” tepis Retno dalam keterangan pers dari Jakarta, Rabu.

Selain menepis rumor terkait membuka hubungan diplomatik dengan Israel, Menlu Retno juga kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina.

"Dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina berdasarkan solusi dua negara (two-state solution) dan parameter internasional lain yang telah disepakati, secara konsisten akan tetap dijalankan," imbuh Retno.

Pemerintah Indonesia sejak lama menyatakan dukungan tegas terhadap hak berdaulat Palestina, di tengah konflik panjang dengan Israel.

Pembelaan tersebut juga menjadi salah satu agenda Indonesia dalam kepemimpinan sebagai anggota tidak tetap di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB).

Di samping aspek politis, Indonesia juga diketahui telah banyak memberikan bantuan keuangan dan program pembangunan kapasitas sebagai bentuk solidaritas kepada Palestina.

Sebagaimana diberitakan pada Juli lalu, ditengah- tengah situasi konflik dan semakin memburuknya situasi akibat pandemi COVID-19, pemerintah Indonesia telah mengucurkan dana sekitar Rp 36,5 miliar sebagai bantuan kemanusiaan untuk para pengungsi Palestina.

Selanjutnya 1 2

Baca Juga