Merajut Kebhinekaan, Polres Muna Gelar Diskusi dan Deklarasi Damai

Kegiatan Sarasehan, Diskusi dan Deklarasi Damai Merajut Kebhinekaan oleh Polres Muna
Kegiatan Sarasehan, Diskusi dan Deklarasi Damai Merajut Kebhinekaan oleh Polres Muna

AKURATNEWS - Peran Kepolisian RI dalam lingkungan kehidupan masyarakat sehari-harinya itu sangat penting, terutama dalam hal keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Seperti yang telah menjadi ketentuannya dalam UUD 1945 Pasal 30 ayat (4) yang menjelaskan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat bertugas melindungi, mengayomi, melayani masyarakat, serta menegakkan hukum.

Kendati demikian, tidak mesti mereka sebagai alat negara dalam hal Kamtibmas mereka bekerja sendiri, namun semua itu perlunya dukungan masyarakat luas dalam Bangsa ini.

Demi hal itu, hari ini (29/9/2021), Polres Muna Sulawesi Tenggara ( Sultra ) menggelar Serasehan, Diskusi dan Deklarasi Damai dengan tema Merajut Kebhinekaan, dalam perbedaan guna menjaga situasi yang kondusif di wilayah Kabupaten Muna, di aula Mapolresnya yang dihadiri oleh Wakil Bupati Muna, Bachrun Labuta, bersama Forkompinda, tokoh tokoh masyarakat serta insan Pers Muna.

Kapolres Muna,AKBP Debby Asri Nugroho dalam acaranya itu mengatakan bahwa meskipun pihaknya dalam menjalankan tugas dilapangan ada hal hal yang membuat masyarakat tidak nyama, namun dalam hal pelaksanaan tugas Kepolisian lebih mengutamakan keselamatan umum yang diutamakan.

" Perlunya kita menjaga kamtibmas bersama sama demi keselamatan umum. Seperti dalam hal penyampaian aspirasi yang dilindungi Undang undang. Tetapi juga pentingnya kita untuk saling menghargai perbedaan, baik perbedaan suku, Agama, ras maupun golongan demi tetap terjaganya situasi Kamtibmas yang kondusif," Ucap perwira dua bunga itu.

Orang nomor satu di Mapolres Muna itu juga meminta peran para tokoh masyarakat bersama sama pihak Kepolisian untuk melahirkan warna kehidupan yang damai dalam lingkungan masyarakat demi tercapainya Kamtibmas di wilayah Kabupaten Muna.

" Peran para tokoh masyarakat ini sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Terutama dalam hal sisi ke Agamaan mapun sisi sosial kemasyarakatan. Olehnya itu kami berharap bantuan para tokoh masyarakat agar bersama sama memberikan warna kehidupan yang damai dalam lingkungan kehidupan masyarakat. Karena jangan sampai kebhinekaan kita ini runtuh,jangan sampai pisah. Apalagi dengan ada teknologi yang semakin canggih ini," Pintanya.

Diapun berharap agar semua unsur masyarakat maupun pemerintah (Eksekutif, Yudikati dan Legislatif) untuk memberikan masukan masukan kepada pihaknya dalam menjaga keutuhan kebhinekaan di Bangsa ini

" Untuk itu kami berharap dengan adanya kegiatan ini, kami mendapat masukan masukan tentang bagaimana kita merajut Kebhinekaan,dalam perbedaan untuk melahirkan kedamaian dalam lingkungan kemasyarakatan," tandasnya.***

Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga