Mercedes Benz Kenalkan Konsep Retro Mobil Hitler

Vision Mercedes Simplex, sebuah Konsep Mobil retro yang diambil dari Mobil kebanggan Hitler, Mercedes Benz 770K.  (foto: Istimewa)

Berlin, Akuratnews.com - Sewaktu zaman Nazi berkuasa, Jerman dikenal sebagai negara produsen berbagai barang canggih di masa itu, dari mulai kendaraan tempur militer sampai aneka automotif yang digemari Adolf Hitler. Salah satunya adalah Mercedes Benz model 770K. Mobil yang kemudian identik dengan Hitler.

Mercedes-Benz 770K , adalah mobil mewah besar yang dibuat oleh Mercedes-Benz dari tahun 1930 hingga 1943. Sejumlah pejabat tinggi yang pernah menjadi pelanggan mobil canggih yang disebut-sebut sudah mengadopsi kaca anti peluru selama Perang Dunia II, selain Adolf Hitler, adalah Hermann Göring, Heinrich Himmler dan Reinhard Heydrich. Selain itu ada juga Presiden Reich Paul von Hindenburg , Kaisar Hirohito dan Paus Pius XIada.

Lebih dari 100 tahun kesuksesan Mercedes Benz membuat pabrikan mobil ini membesut mobil berkonsep retro modern yang diberi nama Vision Mercedes Simplex. Kabarnya model ini akan dibesut sebagai mobil Listrik.

Melansir situs Motor1 yang dikutip situs nasional, dengan model retro modern ini, Mercedes Benz seolah ingin menetapkan standar baru dalam mobilitas 'kemarin, hari ini dan besok'.

Dimulai dari luar, Vision Mercedes Simplex memiliki desain kisi-kisi sederhana berwarna emas yang mengingatkan pada desain radiator perunggu oleh kendaraan abad yang lalu. Namun, bagian tengah diganti dengan tampilan digital yang menampilkan huruf dan animasi Mercedes yang menunjukkan status kendaraan saat ini.

Keempat sudut fitur ban berdiri bebas - menurut Mercedes - didukung oleh sistem penggerak alternatif yang paling mungkin oleh tenaga listrik. Bagian kap mesin juga dilengkapi dengan desain retro yang dipangkas rapi dengan tali kulit dan gesper berwarna emas.

Uniknya, mesinnya tidak memiliki kaca depan dan fitur warna dua-nada yang terlihat seperti mesin balap klasik.

Memasuki ruang kabin yang mengakomodasi kedua lelaki itu, desain dasbor hanya disebut "Hyper Analogue", di mana sistem tampilan minimalis hanya akan menampilkan informasi bila diperlukan. Belum lagi jam analog di tengah, serta setir dipangkas dengan trim kayu yang semakin mengangkat seri retro Vision Mercedes Simplex.

Diketahui, Mercedes-Benz 770K, mobil paling berteknologi maju pada masanya - convertible empat kursi yang digunakan untuk kunjungan kenegaraan Mussolini dan parade kemenangan 1940 di Berlin setelah Nazi mengalahkan Prancis. Mercedes 770K dilengkapi dengan mesin 7,7 liter yang memberi limusin besar kecepatan tertinggi lebih dari 100mph.

Selama periode 1939-1941, Mercedes 770K adalah mobil yang paling dibanggakan Adolf Hitler. Layaknya mobil pemimpin dunia, mobil Adolf Hitler. Mengadopsi keamanan tingkat tinggi dengan fitur lapis baja dan dilengkapi kaca anti peluru tebal 30mm. Apabila terjadi serangan yang lebih besar lagi, mobil ini dilengkapi panel senjata guna melawan balik serangan musuh.

Jika tidak digunakan untuk berparade, Mercedes 770K ini ada dalam perawatan sopir pribadi Adolf Hitler, Erich Kempka. Setelah jatuhnya Hitler, mobil ini diangkut dan dibawa ke Amerika Serikat. (*)

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga