Teknologi

Meski Ukurannya Kecil, Startup China Hadirkan Mobil Listrik Bak Terbuka

Jakarta, Akuratnews.com - Sebuah perusahaan perintis (startup) asal Cina baru saja meluncurkan mobil listrik bak terbuka berukuran kecil mirip dengan mobil golf. Startup tersebut adalah Kaiyun Motors, yang mulai menjual truk berbasis tenaga baterai di Amerika Serikat dengan nama Pickman.

Dilansir dari Digital Trends (26/7/2019), mobil ini dijual dengan harga USD8.000 (Rp112 juta) sehingga masuk ke dalam salah satu mobil termurah di AS.

Mobil listrik Pickman ditenagai oleh motor listrik berkekuatan empat tenaga kuda sehingga hanya dapat melaju dengan kecepatan maksimal 40 km/jam.

Kaiyun Motors membekali mobil pickup ini dengan baterai yang hanya mampu bertahan hingga jarak 110 km dalam satu kali isi ulang. Selain itu, pengisian baterainya memakan waktu antara 8 hingga 10 jam.

Meski ukurannya kecil dan rentang jaraknya tidak terlalu jauh, mobil listrik Pickman diinformasikan mampu mengangkut beban hingga 1.000 kg.

Interior yang dimilikinya dilengkapi dengan panel instrumen digital, beberapa saklar, outlet 12 volt, dan sebagainya. Pada sisi ini tidak ada yang terlalu istimewa lantaran Kaiyun memang tidak merancangnya untuk kenyamanan pengendara dan penumpang.

Sekilas mobil bak terbuka dari perusahaan Cina itu tampak seperti persilangan antara Austin Metro versi awal dan Suzuki Jimny generasi terbaru. Gaya memang bukan prioritas Pikman, karena digunakan untuk mengangkut barang. Kaiyun Motors dikatakan telah menjual 40 Pickman di AS, dan perusahaan berharap angka itu akan bertambah menjadi 4.000 unit pada akhir tahun 2020.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga