Miliki Prodi Unggulan di Bidang Teknologi SGU Sasar Dunia Kesehatan

Head of Public Relations SGU, Ratih Marini (Berkerudung).

Jakarta, Akuratnews.com - Indonesia memiliki potensi besar dalam segala lini industri. Kebutuhan akan teknologi modern, tentu menjadi nilai utama dalam menopang segala kegiatan dalam pembangunan di negara yang kini telah mencapai 275 juta an ini. Indonesia sebagai negara yang mengimpor produk teknologi di bidang alat kesehatan lebih dari 80 persen, menjadi perlu untuk berinovasi dalam pnegembangan produk-produk alat kesehatan dalam negeri.

Head of Public Relation Scholarship German University (SGU) Ratih Marini mengatakan, Dua Puluh Tahun keberadaan SGU di tanah air memiliki konsen bagaimana mempersiapkan kinerja tenaga kerja yang siap menghadapi tantangan di era digital.

"Seiring pengembangan teknologi yang kini memiliki persaingan dinamis dan kompetititif serta menghadirkan job yang dulu tidak pernah ada, tentunya tenaga kerja perlu dibekali dengan ilmu-ilmu yang inovatif," ujarnya di HopeClate, Jakarta, (27/2).

Saat ini SGU memiliki prodi unggulan yang telah melakukan beberapa inovasi dalam bidang teknologi. Masih kata Ratih, mahasiswa SGU dalam salah satu prodi belajar teknik mechratronics dalam waktu yang bersamaan. Mahasiswa diarahkan untuk membuat mesin tidak hanya unsur mekanikal tapi juga elektronik.

"Itu juga siklusnya perkenalan ke profesional job, dan ini lagi dilirik sekali, banyak industri yang membutuhkan. Salah satunya produk kesehatan," ungkap Ratih.

"Mecatronic merupakan suatu mesin industri yang bisa diintegrasikan dengan softwear, blue print dan sebagainya yang kini dipelajari di SGU yang tentunya dibutuhkan di seluruh sektor industri," tambahnya.

Dalam penjabarannya, Ratih menjelaskan, mahasiswa yang kuliah di semester tiga akan magang untuk industri lokal dan di semester ke lima mereka akan belajar kembali.

"Di semester enam mahasiswa akan magang di eropa kurang lebih enam bulan yang bekerjasama dengan univestitas, institut dari eropa dan setelah itu kembali mulai susun skripsi. SGU mencoba menjawab kebutuhan tenaga kerja. Semester tiga sudah magang artinya sudah siap kerja," jelasnya menjawab akuratnews.com.

Melalui pengembangan teknologi kesehatan, SGU akan bekerjasama dengan salah satu perusahaan besar di tanah air yang ditandatangani dengan MoU khususnya pengembangan obat diabetes melalui ekstrak serai berkiblat pada obat herbal.

"Dengan Deltomed kerjasama dalam bentuk pabrik. Dari SGU dan Deltomed visinya melakukan pmgembangan herbal di tanah air. Bagaimana memfasilitasi herbal di Indonesia untuk dihadirkan khususnya inovasi di dalam negeri," pungkasnya.

Penulis:

Baca Juga