oleh

Mimpi Warga Jadi Nyata, Jatibarang-Indramayu Segera Punya Alun-alun

Indramayu, Akuratnews.com – Mimpi itu jadi kenyataan. Mimpi warga Jatibarang yang mendambakan ruang terbuka hijau (RTH) bakal terwujud.

Lewat hibah dari Provinsi Jawa Barat, Jatibarang bakal punya Alun-alun. Desainnya sudah dibuat, bahkan dipublikasikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Rencana ini awalnya diketahui saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melakukan ke lokasi eks Pasar Jatibarang awal Desember lalu.

Melihat lahan eks pasar yang begitu luas, Ridwan Kamil memiliki keinginan untuk menyulapnya menjadi ruang terbuka hijau dan sarana olahraga.

Banyak orang mengira jika lahan itu hanya akan dijadikan taman dengan sarana olahraga. Namun lewat akun instagramnya, Ridwan Kamil menyebutkan jika lahan eks Pasar Jatibarang itu akan berubah menjadi Alun-alun Jatibarang.

Rencana ini bukan Cuma wacana. Ridwan Kamil menyebutkan Pemprov telah menyiapkan anggaran Rp.15 miliar untuk memulai pembangunan.

Pembangunan alun-alun ini disebut Ridwan Kamil merupakan hibah dari Provinsi Jawa Barat.

Saat ini proses pembongkaran sisa-sisa bangunan di lahan eks Pasar Jatibarang terus berjalan. Dan kemungkinan pertengahan tahun 2019, pembangunan alun-alun bisa berjalan.

Dalam sidak tersebut, Plt Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi mengatakan, Pemkab Indramayu dari awal sudah berencana menyulap lahan eks pasar menjadi RTH.

Hal itu sesuai dengan keinginan masyarakat. Supendi pun menyambut baik gagasan Ridwan Kamil yang selaras dengan Pemkab Indramayu dan masyarakat.

Sementara itu, Camat Jatibarang, Indra Mulyana SAP MSi mengucapkan terimakasih dan memberikan penghormatan yang luar biasa kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Pemkab Indramayu.

Pasalnya tanpa adanya dukungan dari Pemkab dan Gubernur Jawa Barat, keinginan warga Jatibarang untuk memiliki Ruang Terbuka Hijau tidak mungkin terwujud.

Diakui Indra, masyarakat Jatibarang sangat antusia dengan program pembangunan Alun-alun Jatibarang. Apalagi, dari gambar yang ada, Alun-alun Jatibarang dibuat sangat representatif lengkap dengan sarana olahraga seperti lapangan basket, taman-taman dan tugu jam.

Setelah pembangunan Alun-alun, Pemerintah Kabupaten Indramayu, kata dia, akan mulai mengonsep tata kelola keberadaan Alun-alun Jatibarang. Baik dari segi pengamanan, sosial, kebersihan dan pengaturan sudut kuliner bagi PKL. Ia pun yakin, keberadaan Alun-alun Jatibarang ini bisa menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Indramayu.

Ditanya mengenai teknis pembangunan, Camat Indra mengatakan untuk desain Alun-alun Jatibarang, yang mengerjakan langsung tim gubernur. Hal ini sama dengan RTH lain yang akan dibanguin Pemprov Jawa Barat.

“Gubernur terjun langsung. Sampai hal-hal teknis konsep RTH. Meski Kecamatan belum dapat gambar aslinya, tapi sudah di-share di Instagram Ridwan Kamil,” ujarnya.

Ia pun membenarkan jika anggaran yang disiapkan Pemprov Jawa Barat untuk tahun ini sebesar Rp.15 miliar. Namun Indra belum mengetahui apakah pembangunan berlangsung multi years atau tidak.

“Diperkirakan pembangunan mulai berjalan di pertengahan 2019,” ujarnya. (Rio)

Loading...

Komentar

News Feed