KH Salahuddin Wahid Wafat

Minta di Sebelah Gus Dur, Gus Sholah Sudah Pilih Makam Sejak Tiga Tahun Lalu

Jakarta, Akuratnews.com - Indonesia kehilangan lagi tokoh bangsa yang juga Pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang, KH Salahuddin Wahid atau yang akrab disapa Gus Sholah. Beliau wafat di RS Jantung Harapan Kita Jakarta, Minggu (2/2) malam.

Adik kandung mantan Presiden KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini tutup usia pada usia 77 tahun.

"Rencananya dimakamkan Senin (3/2) sore di Tebuireng," ujar anak Gus Sholah, Irfan Wahid, Minggu (2/2).

Ia mengungkapkan jenazah ayahnya akan dimakamkan di kompleks pemakaman yang sama dengan Gus Dur.

"Kan deket-deket situ juga satu area kompleks. Ada makam Gus Dur, Hasyim Asy'ari, Wahid Hasyim sebelahnya," sambung Irfan.

Soal tempat pemakaman, Gus Sholah, kata Irfan, memilih sendiri makamnya sejak tiga tahun lalu. Tak hanya untuk dirinya, tapi juga untuk istrinya.

"Tempat itu udah dipilih bapak. 'ini buat saya, ini buat istri saya'. Jadi itu udah kelihatan," ujarnya.

"Jadi waktu bapak di rumah sakit udah kelihatan. Bapak sudah ngerasain bahwa ini ada yang datang, orang-orang udah pada datang, datang menyalamin saya, nyambut saya. Jadi, ya, kita sudah merasa, ya, sudah tanda-tandanya udah nggak lama lagi," sambungnya.

Saat melayat ke rumah duka, Senin (3/2) pagi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, dirinya memiliki kenangan tersendiri atas kiprah almarhum semasa hidup. Menurutnya, Gus Sholah akan selalu dikenang sebagai tokoh yang gigih menjaga dan merawat persatuan bangsa.

"Beliau banyak menyampaikan mengenai keislaman dan keindonesiaan. Saya kira hal-hal yang berkaitan dengan Islam dan kebangsaan sering disampaikan beliau kepada saya," kata Presiden.

Untuk diketahui, Gus Sholah sempat dirawat selama dua pekan di RS Jantung Harapan Kita karena gangguan ritme jantung.

Gus Sholah tak hanya dikenal sebagai ulama, tapi juga aktivis dan politisi. Ia juga pernah menjabat sebagai anggota MPR pada tahun 1998.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi
Photographer:Setpres

Baca Juga