Mobil Esemka Bima, Karya Anak Bangsa atau China? Pastinya Terjangkau!

Foto Net

Jakarta, Akuratnews.com - Sudah lama publik Indonesia menunggu dan berharap bahwa anak-anak bangsa ini mampu membuat mobil sendiri yang digalang secara nasional. Dan di era presiden Joko Widodo (Jokowi), gaung mobil nasional yang diberi label Esemka ini pun dilahirkan.

Esemka adalah mobil yang dianggap merepresentasikan karya anak bangsa yang berhasil diwujudkan oleh Presiden Jokowi dengan meresmikannya secara nasional hari ini Jumat (6/9/2019).

Proyek mobil nasional yang sempat fenomenal ini resmi diluncurkan, dan yang pertama meluncur adalah jenis pick up (Pikap) yang dinamai "Bima", hadir dalam dua pilihan mesin yakni 1.200 cc dan 1.300 cc.

Melansir situs mainstream nasional, jika melihat desainnya, sebagai pikap niaga, Esemka Bima ini tampak fresh lantaran di Indonesia desain ini tak pernah mengaspal sebelumnya. Area fascia mobil ini dibekali headlamp yang tampak punya lensa proyektor, grill dengan dimensi yang cukup besar, juga foglamp bahkan sudah disematkan di Esemka Bima. Selain itu di pintunya juga terlihat ada desain tarikan garis horizontal untuk mengejar kesan modern.

Namun, benarkah mobil karya bangsa Indonesia atau jangan-jangan karya bangsa lain?

Sebab, sebagaimana dilansir situs mainstream nasional, meskipun masih menjadi barang baru di Indonesia, ternyata ada pikap yang desainnya hampir mirip dengan Esemka Bima ini beredar di negara China. Entah kebetulan atau tidak, tapi situs mainstream nasional menyebut Pikap Esemka Bima mirip lansiran SWM Motors model T30.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga