Momen HUT RI, 707 WBP Rutan Cilodong Depok Terima Remisi

Sekda Depok Supian Suri saat serahkan remisi kepada salah seorang WBP di Rutan Cilodong Depok, Selasa,(17/8).
Sekda Depok Supian Suri saat serahkan remisi kepada salah seorang WBP di Rutan Cilodong Depok, Selasa,(17/8).

AKURATNEWS.COM- Momen HUT ke-76 Republik Indonesia tahun 2021, sebanyak 707 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas I Cilodong Depok menerima remisi.

Dalam rangka hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021, remisi diberikan setelah memenuhi persyaratan baik secara administratif maupun substantif.

"Remisi yang diberikan terdiri dari Remisi Umum sebagian (RU I) dan Remisi Umum seluruhnya (RU II)", kata Plt Kepala Rutan Kelas I Cilodong Depok M Irvan Muayat, Selasa, (17/8).

Irvan menerangkan dari hasil rekapitulasi perolehan RU I tahun 2021 berdasarkan pengusulan Rutan di wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat yang telah masuk ke sistem database pemasyarakatan ada sebanyak 705 orang

"Untuk RU II terdapat dua orang dengan masing-masing mendapat remisi satu bulan dan tiga bulan", ujar Irvan.

Dia mengatakan, hak tersebut diberikan sebagai wujud apresiasi terhadap pencapaian perbaikan diri yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari WBP.

"Harapanya para WBP bisa berubah menjadi lebih baik lagi, dalam menjalani hari harinya di dalam rutan maupun setelah keluar rutan", kata Irvan di Rutan Cilodong.

Dijelaskan Irvan, para WBP tersebut telah menjalani pidana minimal 6 bulan, tidak terdaftar pada buku catatan pelanggaran disiplin narapidana (register F), serta aktif mengikuti program pembinaan di lapas, rutan atau LPKA.

Dalam kesempatan itu, turut dihadiri Sekda Kota Depok, Kejaksaan Negeri Depok, beberapa perwakilan dari Polres Kota Depok, Kodim 0508/Depok, BNN Kota Depok, Kepala Kesbangpol, Camat Cilodong, Lurah Cilodong.

Sekda Kota Depok, Supian Suri yang sekaligus menjadi perwakilan pemberian Remisi kepada WBP menyampaikan terima kasih kepada jajaran Rutan Kelas I Depok, selamat atas remisi yang diterima oleh teman-teman semua.

"Semoga remisi ini bisa membuat serta memotivasi rekan-rekan semua untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi," ujarnya.

Supian berharap dengan adanya kegiatan ini selain untuk bisa mempererat tali sinergitas antar lembaga, kegiatan ini pun menjadi ajang peningkatan motivasi bagi para WBP untuk tetap menunjukkan perilaku yang baik selama menjalani masa pidananya.

Sebagai informasi, data dari jumlah penghuni Rutan Cilodong Depok hingga 17 Agustus 2021 terdapat 203 orang tahanan dan sebanyak 1.271 orang narapidana. Angka total WBP Rutan Cilodong Depok sebanyak 1.503 orang.

Penulis:
Editor: Redaksi

Baca Juga