Momen Sumpah Pemuda, Mahasiswa dan Buruh Kembali Unjuk Rasa

Jakarta, Akuratnews.com - Sejumlah kalangan mahasiswa dan buruh kembali memadati kawasan Patung Kuda, Monas. Mereka menyampaikan unjuk rasa terkait penolakan omnibus law sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke 92.

Diantara kalangan mahasiswa yang aksi tampak dari HMI Jabodetabek Banten, HIMA Persis dan BEM SI. Kalangan mahasiswa menilai Jokowi contoh pemimpin yang lari dari tanggung-jawab.

Jokowi selaku presiden Republik Indonesia tidak mampu mengambil sikap yang jelas, justru melihat ternak bebek dan lain-lain, Ini mencontohkan sebagai pemimpin yang tidak bertanggung-jawab kepada masyarakat Indonesia,"Ujar Hendra Djatmiko, Ketua Umum HMI Badko saat berorasi pada Rabu, (28/10)

Selain itu juga ada kalangan buruh yang berorasi di depan air mancur. Massa diperkirakan ada seribuan orang memadati kawasan patung kuda.

Menjelang pukul lima sore, petugas gabungan TNI dan Polri segera bergegas membubarkan kerumunan massa. Petugas menyerukan agar massa yang terdiri dari mahasiwa pulang karena ditunggu orang tua.

"Pulang adik-adik, orang tua menunggu di rumah,"ujar salah satu petugas yang mengaku dari Dandim Jakarta.

Sempat ada perlawanan dari sebagian massa yang diketahui merupakan sekelompok anak-anak sekolah (STM). Mereka mencoba melemparkan botol kepada petugas. Namun segera dihimbau oleh orator di mobil sound untuk tertib.

"Hati-hati provokasi, instruksi ada di mobil sound,"ujar orator tersebut.

Massa pun segera bergegas meninggalkan lokasi dengan berjalan kaki sekitar pukul 17.30. Petugas Kebersihan dari Dinas Kebersihan dan PPSU pun segera membersihkan kawasan Patung Kuda yang akan digunakan kembali normal oleh pengguna lalu lintas.

Baca Juga