Momentum Lebaran, PAN Harap Rekonsiliasi

Jakarta, Akuratnews.com - Rekonsialisasi pascapilpres menjadi salah satu harapan pada momentum Idulfitri kali ini. Hal tersebut sebagaimana dituturkan oleh Wakil Ketua Umum PAN Bara Hasibuan.

Menurut Bara, hendaknya pasangan calon (paslon) nomor urut 01 dan 02, dapat segera melangsungkan pertemuan dan saling memafkan.

"Pilpres 2019 yang mempertemukan Jokowi-Ma'ruf dengan Prabowo-Sandi ini kan kita melihatnya berlangsung panas," kata Bara ketika menghadiri open house yang digelar oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan di Jakarta, Rabu (6/5/2019).

Pertemuan tersebut dirasa perlu dilakukan melihat sempat terjadinya kericuhan di beberapa daerah di Jakarta usai rekapitulasi suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) 21-22 Mei lalu.

Dikatakan Bara, terkait politik, rekonsiliasi usai Pemilu sudah menjadi hal yang wajar dalam sistem demokrasi. Pada rekonsiliasi tersebut, pihak yang kalah disebut Bara harus bisa menerima kekalahannya demi masa depan bangsa.

"Walaupun kecewa atau tidak terima tapi itu semua harus dikesampingkan demi kepentingan bangsa, kepentingan nasional," kata Bara.

Ia mencontohkan Pemilu di Amerika Serikat pada 2016 lalu yang mempertemukan Hillary Clinton dengan Donald Trump. Meskipun terjadi sengketa, kata dia, Hillary mau menerima kekalahannya lewat pidato dan bahkan menghubungi Donald Trump untuk menyampaikan selamat atas kemenangannya secara langsung.

"Hillary walaupun sakit, malu, dan sedih sekali tetap saja melakukan pidato untuk menerima hasil tersebut dan sebelumnya dia menelepon Trump untuk memberikan selamat," kata dia.

Penulis: Redaksi

Baca Juga