Motor Anda Terendam Banjir? Jangan Buru-buru ke Bengkel

Jakarta, Akuratnews.com - Banjir awal tahun 2020 yang melanda sejumlah wilayah Jabodetabek perlahan mulai surut.

Selain banyak menimbulkan kerugian dalam bentuk barang-barang rumah tangga, banjir juga membuat sejumlah kendaraan, baik motor maupun mobil yang ikut terendam.

Biasanya, usai surut, para pemilik kendaraan beramai-ramai membawa kendaraannya ke bengkel. Namun, bagi para pemilik motor, jangan dulu buru-buru membawa motornya ke bengkel.

Biasanya jika motor di bawa ke bengkel, teknisi
bengkel akan menyarankan motor untuk turun mesin. Jika disarankan seperti ini, Anda jangan mau. Itu biasanya taktik bengkel agar pemilik membayar mahal biaya servis.

Anda sebenarnya bisa melakukan perbaikan sendiri di rumah. Langkah pertama, angkat ban depan sampai motor berdiri 90 derajat. Tujuannya untuk mengeluarkan air yang masih mengendap di klanpot, karburator dan celah-celah mesin. Setelah tak ada air lagi yang keluar dari mesin dan knalpot, cari tiga sampai empat botol oli bekas.

Kemudian, Anda buang oli yang ada di dalam mesin motor. Lalu masukan satu botol oli bekas tadi dan hidupkan mesin kira-kira lima menit agar sirkulasi oli berputar di dalam mesin. Buang kembali oli tadi dan masukan lagi sebotol oli bekas dan hidupkan lagi sama seperti sebelumnya, sampai benar-benar tak ada lagi campuran air dalam oli.

Campuran air dan oli bisa kita lihat berwarna keputihan seperti susu. Jika yang keluar sudah murni oli dari mesin motor, baru kita masukan oli baru. Nyalakan mesin, motor pun sudah siap digunakan lagi.

Namun, maksimal dua minggu kemudian, oli mesin harus kembali diganti lagi dengan yang baru. Kondisi motor pun aman, tanpa turun mesin.

Langkah-langkah di atas ini sebenarnya biasa dilakukan para bikers yang biasa touring menembus hutan belantara, dimana mereka kerap harus menyebrang sungai yang membuat motor mereka terendam air sungai.

Semoga langkah ini bermanfaat menghemat pengeluaran bagi pemilik kendaraan yang motornya terendam air saat banjir awal tahun.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga