Gelisah Dengan Makanan dan Buah Terbuang

Muh. Agung Ajak Komunitas Perangi Sampah Dengan Cara Cerdas

Muhammad Agung Saputra CEO & Founder Surplus.id (kaos abu-abu) bersama dengan komunitas peduli lingkungan, saat mengkampanyekan buah dan makanan yang masuk daftar rijek ternyata masih dapat aman dikonsumsi. (foto by akuratnews.com)

Jakarta, Akuratnews.com - Bersama dengan para komunitas sosial yang digandengnya, Muhammad Agung Saputra CEO & Founder Surplus.id, berkeliling membawa masing-masing dua buah apel. Ada yang unik di sini, jika diperhatikan ternyata buah yang dibawa merupakan buah yang segar dan buah yang telah dirijek oleh pihak supermarket atau swalayan sebagai penyedia makanan.

Agung mengatakan, buah yang dibawa dari supermarket satunya buah degar dan satunya berasal dari rijek supermarket. Ditawarkan ke customer dan mereka akan mencicipi dan diminta untuk menilai, mana apel yang menurut mereka lebih enak.

"Jika mereka memilih yang di rijek kita menanyakan apakah tanggapannya terhadap apa yang di cicipi. Kenapa memilih buah tersebut. Jadi itu membuktikan bahwa tidak semua buah yang dirijek dari supermarket memiliki kualitas yang berbeda. Jika terus dirijek akan menghasilkan sampah yang menggunung," ungkap Agung, di sela-sela kegiatan kampanyenya di CFD Sudirman, (23/2).

Merujuk kepada hari peduli sampah nasional, dan juga teagedi meledaknya TPA Leuwigajah di Cimahi Bandung, Agung menyampaikan, tumpukan sampah organik akan mengalami proses dan menghasilkan gas metana CH4 yang sangat banyak. Sehingga ledakkan tersebut menimbulkan longsor dan korban jiwa, yang tentunya berimbas kepada dampak ekonomi.

"Dampak yang sangat besar dan mengerikan buat kita semua. Sehingga kita mengedukasi kalau nanti jika kita melihat buah yang tidak mengkilap atau yang mungkin berbeda bentuknya bukan berarti kualitasnya jelek," ujarnya.

Menurutnya masih kata Agung, produk-produk yang akan dikumpulkan dan dijualnya melalui marketplace (website) ada dua sisi, yakni dari sisi customer dan sisi produksi.

Selanjutnya 1 2
Penulis:

Baca Juga