Perang Suriah

Mujahidin HTS Persiapkan Serangan Besar di Aleppo

Wajah Aleppo yang hancur lebur yang masih terus digempur. (foto istimewa)

Suriah, Akuratnews.com - Perang Suriah terus membara dalam sepekan terakhir. Keterlibatan Israel yang membombardir wilayah Suriah memperburuk situasi di negara yang sudah hancur lebur akibat perang Saudara.

Rezim Suriah yang menguasai Aleppo terus mempersenjatai diri dengan sistem pertahanan anti rudal di tengah gempuran dan perlawanan dari milisi pejuang Mujahidin.

Kantor berita berbahasa Kurdi, ANHA, mengutip sumber-sumber informasi di Aleppo mengatakan, Mujahidin Hai’ah Tahrir Syam (HTS) dilaporkan tengah mempersiapkan serangan baru di kota Aleppo setelah mengalami kemunduran di Idlib selatan dan Hama utara.

Mujahidin HTS berencana untuk melancarkan serangan besar-besaran di pusat kota Aleppo dari Dataran Anadan di Aleppo utara, lansir AMN yang dikutip situs Arrahmah (25/8/2019).

Laporan mengklaim bahwa pemerintah Turki memberikan dukungan langsung untuk HTS di empat pos pengamatan mereka. Pada saat yang sama, sumber-sumber lainnya di Aleppo mengatakan bahwa tentara rezim telah memperkuat posisi militernya di provinsi tersebut dengan mengirim ratusan tentara ke ibu kota.

Jika operasi semacam itu diluncurkan oleh HTS, itu akan menandai pertama kalinya sejak 2016 mereka melancarkan serangan di provinsi Aleppo.

Selama akhir pekan, Mujahidin HTS menyerang kota Aleppo dengan sejumlah peluru artileri dan rudal. Tidak diketahui berapa jumlah tentara yang tewas akibat perang sepekan itu.*

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga