Mulyanto: Pemerintah Harus Berbasis Riset dalam Penanganan Varian Omricon

Wakil Ketua FPKS DPR RI Dr. H. Mulyanto M. Eng
Wakil Ketua FPKS DPR RI Dr. H. Mulyanto M. Eng

AKURATNEWS - Menghadapi potensi penyebaran Covid-19 varian Omicron, anggota Komisi VII DPR RI, Mulyanto, minta Pemerintah serius melakukan riset.

Pemerintah melalui Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) harus mengkoordinasikan semua lembaga penelitian virologi untuk melakukan pemantauan jam per jam perkembangan Omicron.

Pemerintah jangan mengulang kesalahan terdahulu yang menganggap remeh dampak penyebaran varian Delta Covid-19.

Kali ini Pemerintah harus lebih serius menangani persebaran Omicron. Salah satunya harus bekerja berdasarkan riset dan data. Bukan berdasarkan kira-kira.

"Saat ini WHO sudah mengkategorikan varian Omicron sebagai varian of concern (VoC) yang meningkat dari sebelumnya sebagai varian of interest (VoI)" kata Mulyanto, Kamis 2 Desember 2021.

"Karena itu Pemerintah harus memberi perhatian yang serius terhadap perkembangan virus ini. Pemantauan hasil penelitian omicron dari lembaga ternama di dunia harus dilakukan jam perjam. Sudah bukan lagi hari perhari," tambah Mulyanto.

"Pemerintah mesti memiliki data yang lengkap dan akurat terkait kecepatan penyebaran, teritorial penyebaran yang telah terjadi, serta karakteristik, perilaku maupun keganasannya, termasuk efek dari varian omicron ini terhadap vaksin dan antibodi yang terbentuk dari infeksi alamiah," tegas Mulyanto.

"Apalagi pandemi, sudah berjalan hampir dua tahun dan kita semakin bepengalaman dalam mengelola kondisi ini. Tentunya semakin hari, manajemen pandemi kita harus semakin baik," lanjut Mulyanto.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Putra Tobing

Baca Juga