Mungkinkah Darurat Sipil?

Sontak, pernyataan Presiden Jokowi ini membuat heboh publik. Pertanyaan-pertanyaan akhirnya pun timbul. Mengapa Jokowi merasa perlu menerapkan kebijakan darurat sipil? Apakah mungkin darurat sipil akan benar-benar diberlakukan?

Morale Masyarakat
Minimnya kesiapan pemerintah dalam menangani Covid-19 bisa saja memengaruhi semangat juang (morale) publik. Bagaimana pun juga, semangat yang ada di benak masyarakat ini penting bagi Presiden Jokowi dalam menghadapi pandemi ini.

Apa yang dimaksud dengan morale ini pernah dijelaskan oleh Joost A. M. Meerloo – seorang ahli kedokteran dan psikoanalis kelahiran Belanda – dalam tulisannya yang berjudul Morale in Our Society. Meerloo mendefinisikan “morale” sebagai kekuatan dalam (inner strength) individu – begitu juga kekuatan kohesi kelompok sosial.

Meerloo menghubungkan konsep morale ini dengan ekspektasi survival individu atau kelompok guna menghadapi tekanan (stress). Setidaknya, morale yang baik dapat eksis apabila terdapat persiapan dari orang/kelompok dalam menghadapi tantangan dan kefrustrasian, serta kapasitas dan kesiapan untuk berkorban demi tujuan bersama.

Konsep morale ini juga berhubungan dengan kepanikan publik. Meerloo mencontohkan hal ini dengan situasi Perang Dingin pada abad ke-20 silam. Pasalnya, kala itu, publik dianggap terpapar dengan banyak sugesti-sugesti massal – seperti persuasi dan propaganda – dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi.

Lantas, bagaimana dengan situasi pandemi Covid-19 di Indonesia? Mungkinkah publik merasakan morale sosial yang semakin menurun?

Berkaca pada penjelasan Meerloo, bukan tidak mungkin morale publik Indonesia menurun dengan meningkatnya kasus-kasus Covid-19. Panic buying misalnya, bisa menjadi refleksi terkait bagaimana masyarakat merasakan ekspektasi survival dalam menghadapi tekanan akibat pandemi.

Sugesti-sugesti massal juga bertebaran di banyak media sosial maupun media massa. Kecemasan disebut-sebut dapat meningkat dengan berita-berita buruk mengenai perkembangan Covid-19 di Indonesia.

Morale tenaga kesehatan disebut-sebut juga menipis. Pasalnya, dengan minimnya ketersediaan APD membuat sejumlah tenaga medis telah tertular – bahkan meninggal dunia.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis: Redaksi

Baca Juga