Musisi Jazz Benny Likumahuwa Tutup Usia

Jakarta, Akuratnews.com - Kabar duka datang lagi dari dunia musik tanah air. Trombonist jazz Indonesia, Benny Likumahuwa tutup usia hari ini.

Benny yang juga kakak penyanyi senior Utha Likumahuwa dan ayah dari Barry Likumahuwa ini tutup usia sekira pukul 08.30 WIB, Selasa (9/5). Selama ini Benny memang sudah lama menderita sakit.

Kabar duka ini dibenarkan pengamat musik, Adib Hidayat. Ia mendapatkan konfirmasi terkait pesan duka yang beredar melalui teman satu bandnya.

"Berita duka. Benny Likumahuwa, anggota band The Rollies, ayah dari @BarryLikumahuwa meninggal dunia Selasa, 9 Juni 2020 pukul 08.30. Konfirmasi saya dapatkan dari rekan satu band, Oetje F Tekol dan @dirasugandi," tulis Adib dalam akun twitternya @AdibHidayat.

Karir musik Benny Likumahuwa dimulai saat ia mengenal musik dari ibunya. Sejak dari remaja, Benny pun mulai belajar musik dan not balok secara otodidak. Pada 1966, Benny bergabung dengan Cresendo Band dari Bandung.

Pada dua tahun berikutnya, Benny Likumahuwa bergabung dengan The Rollies. Selain itu, Benny bermain dengan berbagai band klub malam di Bangkok. Kemudian ia membentuk The Augersindo. Bersama band itu, Benny mengunjungi beberapa negara Asia.

Sekembalinya ke Jakarta, Benny bergabung dengan The Jazz Raiders, yang diisi oleh Jack Lesmana Combo, Trio ABC (Abadi Soesman, Benny Likumahuwa, dan Candra Darusman). Kemudian, pada 1980 Benny bergabung dengan Ireng Maulana All Star.

Beberapa ajang jazz pernah diisi olehnya, The Singapore Jazz Festival tahun 1986, The Jakarta Jazz Festival tahun 1988, The North Sea Jazz Festival tahun 1990 yang berada di Belanda, The Asean Jazz Festival di Kuala Lumpur tahun 1992, dan Malaysia Jazz Festival tahun 1994 adalah beberapa rekam jejak Benny.

Pada 1996, ia membentuk Benny Likumahuwa Big Band. Terakhir, pada 2006, bersama Todung Pandjaitan, Gilang Ramadhan, Donny Suhendra, Krisna Prameswara, dan Annette Frambach membentuk tim perencana Gladiresik Music Lab. Hingga saat ini Benny masih berperan sebagai Academic Consultant di GladiResik Music Lab.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga