Musnahkan Arsip Diluar Prosedur Bakal Diganjar Hukuman 10 Tahun Penjara

Bupati Saiful Ilah saat menyalami peserta sosialisasi kearsipan di Gedung SCC, Lingkar Timur, Sidoarjo. Foto: Wachid Yulianto

Sidoarjo, Akuratnews.com - Memusnahkan arsip di luar prosedur yang benar bakal diganjar hukuman 10 tahun dan denda Rp500 juta. Itulah sanksi bagi pemusnah arsip sebagaimana diatur dalam pasal 86 UU No 43/2009 tentang Kearsipan. Karenanya, siapapun jangan menganggap remeh hal ini.

Penegasan itu dikemukakan Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah saat membuka kegiatan bertajuk "Sosialisasi Kearsipan" yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustakar) Sidoarjo di Gedung Sidoarjo Community Centre (SCC), Lingkar Timur, Sidoarjo, Kamis (20/6/2019).

"Maka itu, sosialisasi soal arsip dinilai sangat penting, agar setiap orang tahu dan memahami, karena siapapun memiliki tanggung jawab dalam penyelamatan arsip, termasuk arsip di Sidoarjo, "tandas Abah Ipul, sapaan akrab Bupati Saiful Ilah ini.

Jadi, sambungnya, penyelamatan arsip itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah notabene organisasi perangkat daerah (OPD) saja, tapi juga semua pihak dari berbagai elemen masyarakat, baik organisasi massa (Ormas) maupun organisasi politik (Orpol).

"Sosialisasi ini merupakan upaya untuk menciptakan sadar dan tertib arsip bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat dari berbagai elemen, "ujar Abah Ipul.

Selanjutnya, Kepala Disputakar Sidoarjo, Endang Soesijanti menambahkan, memang urusan kearsipan tampak sederhana. Namun, masih dijumpai kelalaian pengelolaannya, berakibat arsip tak tertata rapi atau bahkan, hilang.

"Sehingga, saat ada pemeriksaan Inspektorat dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap hasil pekerjaan terkendala. Perlu diketahui, arsip itu penting, mengingat arsip adalah bentuk pertanggungjawaban. Makanya, sekarang ini, siapapun harus sadar dan tertib arsip, "pungkas mantan Sekretaris DPRD Sidoarjo ini.

Acara sosialisasi kearsipan ini menghadirkan narasumber dari Disputakar Provinsi Jatim, serta diikuti seluruh OPD Pemkab Sidoarjo, kelurahan/desa, sekolah, Ormas dan Orpol se-Kabupaten Sidoarjo.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi
Photographer: Wachid Yulianto

Baca Juga