Ngeri, Dukcapil Kemendagri Diduga Berikan Data Pribadi Penduduk Indonesia ke Swasta?

Jakarta, Akuratnews.com - Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Alvin Lie Ling Piao membongkar adanya penyalahgunaan data Warga Negara Indonesia (WNI) yang diduga dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Data tersebut diduga diberikan kepada Perusahaan pembiayaan Grup Astra dalam sebuah kerjasama.

Dalam kerjasama itu, menurut Alvin, Perusahaan pembiayaan Grup Astra mendapat akses Nomor Induk Kependudukan (NIK), Data Kependudukan dan Kartu Tanda Penduduk atau e-KTPuntuk menunjang layanan pembiayaan.

"Resmi. Pemerintah izinkan swasta akses data pribadi penduduk," kata Alvin melalui akun Twitternya @alvinlie21, seperti dikutip situs nasional, Senin (22/7/2019)..

Alvin mempertanyakan kerjasama Dukcapil Kemendagri dan perusahaan untuk mengakses data pribadi penduduk. Pasalnya, menurut Alvin, hal tersebut termasuk ke dalam penyalahgunaan data pribadi WNI yang seharusnya tidak dibuka kepada perusahaan.

"Bukankah ini penyalahgunaan data pribadi WNRI yang dikelola Pemerintah? Di mana perlindungan data pribadi WNRI?," tandasnya.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Dukcapil Kemendagri terkait pernyataan Alvin tersebut. Belum diketahui apa keuntungan Dukcapil membocorkan data pribadi Penduduk Indonesia kepada perusahaan Swasta tersebut.**

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga