SEA Games 2019 Filipina

Nyaris Kesalip Myanmar, Garuda Muda Lolos ke Final

Manila, Akuratnews.com - Nyaris tersalip lantaran kecerobohan pemain, Timnas U-23 berhasil menekuk Myanmar dengan skor 4-2 lewat perpanjangan waktu.

Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12) kembali menjadi saksi Indonesia melibas lawan-lawannya di gelara SEA Games 2019 Filipina.

Indonesia sejak awal laga langsung tancap gas. Osvaldo Haay nyaris sudah membuka skor menit ke-30. Tapi sayang sepakannya masih tak terarah.

Menit ke-43, Osvaldo kembali gagal memanfaatkan umpan dari Firza Andika. Bola lob dari Firza, sukses disundul olehnya tapi masih dengan mudah ditangkap kiper Myanmar. Myanmar vs Indonesia di babak pertama akhirnya berakhir tanpa gol.

Pada paruh kedua, Indonesia sukses membuka skor melalui Evan Dimas di menit 58. Berawal dari aksi Egy Maulana Vikri, kemudian memberikan umpan tarik. Evan yang ada di posisi yang bebas mampu menceploskan bola ke gawang Myanmar.

Lalu, Egy gantian mencatatkan namanya di papan skor menit ke-71. Gol tercipta melalui skema tendangan bebas. Dia sukses menanduk bola ke gawang Myanmar yang dikawal Sann Sat Naing.

Gol itu membuat Myanmar tersentak. Mereka memperkecil kedudukan menit ke-79 melalui tendangan Aung Kaung Mann yang mendapat bola hasil blunder pemain belakang Indonesia.

Bahkan tak sampai semenit, Myanmar mampu menyamakan kedudukan usai memanfaatkan blunder kiper Nadeo Argawinata yang tangkapannya tak sempurna. Win Naing Tun sukses menceploskan bola liar tersebut ke gawang Indonesia.

Garuda Muda pun mencoba membalasnya lagi. Menit ke-87, Osvaldo gagal memanfaatkan peluang emas. Hal itu setelah sepakannya mampu diamankan San Sat Naing.

Skor 2-2 akhirnya bertahan hingga waktu normal. Partai Myanmar vs Indonesia kemudian dilanjutkan ke babak tambahan. Indonesia masih mendominasi dalam awal-awal babak pertama tambahan waktu.

Menit ke-102, Osvaldo Haay yang berdiri kosong sukses kembali membuat Timnas U-23 Indonesia unggul. Memanfaatkan umpan manis dari Asnawi Mangkualam dia sukses mengeksekusi peluang dengan sempurna.

Osvaldo Haay kembali mencetak gol menit ke-108 setelah mendapat umpan rekannya. Tapi sayang gol itu dianulir karena dia dianggap sudah dalam posisi offside.

Laga Indonesia vs Myanmar tampaknya bakal milik pasukan Indra Sjafri usai Evan Dimas kembali mencetak gol menit ke-111. Mendapat umpan tarik dari Sandi Rizki, Evan sukses mencetak gol keduanya dengan sepakan keras kaki kanan.

Perjuangan Myanmar kian berat setelah menit ke-118 pemainnya, Aung Naing Win dianggap melanggar Osvaldo Haay. Dia juga terlibat friksi dengan Osvaldo hingga diusir wasit.

Indonesia akan berlaga di final menghadapi lagi Vietnam yang mengkandaskan Kamboja pada 10 Desember 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga