Ogah Disebut Kabur, HRS Memaksa Pulang Dari RS Ummi

Bogor, Akuratnews.com - Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab (HRS) meninggalkan Rumah Sakit (RS) Ummi, Bogor tanpa sepengetahuan manajemen RS pada Sabtu (28/11) malam.

Diduga, HRS pergi meninggalkan RS lewat pintu belakang RS. Hal tersebut diketahui usai ada laporan dari pihak RS Ummi.

"Hasil koordinasi dan komunikasi dengan Security RS Ummi, yang bersangkutan meninggalkan RS Ummi melalui pintu belakang sekitar pukul 21.45 WIB, diduga melalui gudang obat," ujar Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol. Hendri Fiuser saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/11).

Kabid Humas Polda Jawa Barat (Jabar), Kombes Pol Erdi A Chaniago pun membenarkan kabar jika HRS meninggalkan RS Ummi pada Sabtu malam.

"Kami sedang dalami ini. Petugas dari Polresta Bogor sudah datang ke RS dan melakukan penyelidikan," ujar Erdi kepada wartawan di Bandung, Minggu (29/11).

Sementara itu, pihak RS Ummi menyatakan tidak bertanggungjawab bila terjadi sesuatu terhadap HRS.

"RS Ummi tidak bertanggungjawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karenanya, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga," jelas Direktur Utama RS Ummi, Andi Tata dalam keterangannya, Minggu (29/11).

Dia mengatakan, RS Ummi telah meminta kepada Habib Rizieq dan keluarganya menunggu hasil pemeriksaan terlebih dahulu.

"Pasien dan keluarga pada Sabtu (28/11) malam menginformasikan ke pihak rumah sakit untuk meminta pulang atas permintaan sendiri. Pihak RS mengedukasi mengenai pemeriksaan yang belum ada hasil, tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," paparnya.

Andi pun menyatakan, kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan RS yang memulangkan.

Terpisah, pihak FPI membantah kabar bahwa HRS kabur usai sempat dirawat di RS Ummi, Bogor.

Hal ini ditegaskan Sekretaris Bantuan Hukum DPP FPI, Azis Yanuar. Ia menyebut kabar HRS kabur dari RS Ummi tidak benar.

"Tidak benar (kabur dari RS). Beliau pulang karena sudah sehat," kata Azis saat dikonfirmasi wartawan, Minggu (29/11).

Azis juga menjawab kabar yang menyebutkan HRS tidak kooperatif karena tidak memberitahukan hasil swab test usai keluar dari RS UMMI.

Menurutnya, hasil swab test merupakan privasi pasien. Itulah alasannya kenapa, saat Habib Rizieq keluar dari RS tidak memberikan informasi terkait swab test Covid-19.

"Hasil swab itu privasi beliau. Sekarang Alhamdulillah sehat," pungkasnya.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga