Pamong Budaya Bogor Akan Gelar Tradisi Budaya “Merawat Alam”

Bogor, Akuratnews.com - Pamong Budaya Bogor (PBB) akan menggelar tradisi budaya dengan tema 'Merawat Alam'. Rencanya, kegiatan tersebut akan dihelat di Gunung Cibodas, Desa Leuweungkolot, Cibungbulang, Bogor selama dua hari yaitu 26 dan 27 Oktober 2019.

Ketua Pamong Budaya Bogor, Bambang Sumantri mengatakan, dalam acara nantinya akan ada beberapa kesenian tradisional ditampilkan seperti pencak silat, dondang, seni tarawangsa, celempung, karinding, seni tari jaipong juga lainnya.

"Tradisi ini juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga dan merawat alam dengan menanam 1.000 pohon, melepaskan ikan disungai, melepas unggas di hutan, juga melestarikan seni budaya sunda," kata Bambang, Sabtu (19/10/2019).

Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat kabupaten Bogor untuk andil dalam memeriahkan acara yang diperkirakan meriah itu.

"Untuk itu kami mengundang secara umum kepada para tokoh, budayawan, pejabat, awak media juga masyarakat luas yang ingin berpartisipasi atau ikut dalam acara tersebut agar dapat hadir pada Hari Sabtu tanggal 26 Oktober 2019 di Desa Leuweung Kolot," tuturnya.

Sementara Kepala Desa Leuweungkolot, Suwardi mengatakan, dengan adanya Pamong Budaya Bogor diharapkan dapat memajukan dan melestarikan budaya yang ada.

"Diharapkan desa Leuweungkolot menjadi kampung seni budaya, dimana potensinya sudah ada, penggalian seni tradisi yang berintegrasi dengan wisata alam," ucapnya.

Saat ini Seni sunda di wilayah ini sedang digandrungi para remaja dari usia 7-12 tahun, tari jaipong, karinding, celempung dan lainnya. Dengan adanya kegiatan Pamong Budaya Bogor ini, pemerintah diharapkan dapat mendorong dan mensupport pelaksanaan dan pelestarian seni budaya sunda dibawah naungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan ini.

Kepala Dusun Leuweungkolot, Junaedi berharap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga Leuweungkolot dapat lebih maju dibidang seni budaya.

"Semoga acara ini berjalan sukses, pemerintah desa masyarakat juga antusias, semoga menjadikan desa Leuweungkolot ini bertambah maju (dibidang) budaya dan kesenian seperti wayang, tari tradisional, reog, pencak silat juga permainan gamelan yang sudah diminati remaja disini," pungkasnya.

Leuweungkolot sendiri nantinya akan memfokuskan Bukit Cempala Gunung Cibodas menjadi pusat seni dan budaya Leuweungkolot untuk tetap melestarikan tradisi budaya yang ada.

Penulis: Yandi Permana
Editor:Redaksi

Baca Juga