Panduan Memilih Pinjaman Online Terbaik, Profesional, Terpercaya

Ilustrasi Pinjaman Online
Ilustrasi Pinjaman Online

AKURATNEWS - Di zaman sekarang ini, bank bukan satu-satunya lembaga keuangan yang memberikan pinjaman kepada masyarakat. Anda bisa mencoba pinjaman online terbaik untuk mendapatkan dana segar sesuai kebutuhan.

Pinjaman online yang diberikan oleh perusahaan fintech alias financial technology sudah mulai menjadi bagian dari industri keuangan di Indonesia sejak tahun 2016. Salah satu jenis perusahaan fintech yang terkenal adalah Person to Person (P2P) karena penyedia dana pinjaman adalah investor yang ingin mengembangkan modalnya.

Anda ingin mencoba pendanaan alternatif modern ini? Baca informasinya sampai habis!

Keunggulan Pinjaman Online Dibandingkan Bank

Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh platform pinjaman online terbaik dan tercepat dibandingkan dengan bank, yaitu:

Pertama, persyaratan pengajuan pinjaman online relatif lebih mudah karena tidak mengharuskan calon peminjam memiliki persyaratan kartu kredit dan pengecekan BI. Riwayat kredit seringkali menjadi alasan penolakan pengajuan pinjaman oleh bank.

Kedua, proses pencairan pinjaman juga lebih singkat, mulai dari 24 jam menjadi 3 hari seperti di Gopinjol.com. Anda bisa dibandingkan dengan jangka waktu pencairan bank yang bisa 2 minggu.

Untuk proses pengajuan akan lebih mudah karena semua bisa di lakukan di smartphone tanpa perlu ke kantor.

Tips Memilih Pinjol Terbaik

Agar Anda tidak menjadi korban perusahaan pinjaman palsu yang merugikan Anda, simak dulu beberapa tips memilih pinjaman online terbaik di bawah ini!

Perusahaan Fintech Resmi Terdaftar di OJK

Pastikan hanya memilih mitra fintech yang telah terdaftar secara sah di Otoritas Jasa Keuangan. Artinya, dalam operasional bisnisnya, perusahaan fintech diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang memastikan semua aturan dan ketentuan perlindungan konsumen dijalankan dengan baik.

Untuk mendapatkan daftar perusahaan fintech resmi, anda dapat mengakses situs AFPI (Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia) yang membawahi semua fintech yang memiliki izin resmi.

Menyediakan Layanan Pelanggan

Pilih fintech dengan customer service yang mudah dihubungi setiap saat melalui telepon, smartphone, email, hingga alamat kantor Anda. Dengan begitu Anda akan segera mendapatkan bantuan jika menemui masalah. Fintech palsu umumnya tidak memiliki layanan pelanggan.

Situs Web dan Aplikasi Aman

OJK mewajibkan perusahaan pinjaman online berbunga rendah terbaik untuk menyediakan website yang dijamin aman. Hal ini dilakukan dengan mengambil beberapa langkah keamanan pada situs dan database untuk memastikan perlindungan data pelanggan.

Sistem yang digunakan oleh perusahaan harus lulus sertifikasi ISO teknologi informasi dari instansi yang berwenang dan lulus audit.

Perusahaan Fintech memiliki alamat yang jelas

Jangan langsung tergiur dengan iming-iming bunga ringan dan pencairan cepat yang ditawarkan perusahaan fintech. Pastikan anda memeriksa alamat kantor yang jelas. Semua fintech yang terdaftar resmi di OJK memiliki kantor fisik yang alamatnya mudah dilacak.

Mencari Informasi Mengenai Data Yang Diperlukan

Perlu diketahui bahwa saat ini dalam aplikasi sebuah perusahaan hanya di perlukan beberapa akses ke tiga poin, yaitu Mikrofon, lokasi, dan kamera.

Perusahaan fintech legal dan terpercaya di bawah pengawasan OJK tidak akan mempublikasikan data nasabahnya.

Mencari Informasi Tentang Beban Bunga Pinjaman

Semua orang pasti ingin bermitra dengan perusahaan pinjaman online berbunga rendah. Anda tidak boleh gegabah dalam mengajukan pinjaman sebelum mengetahui besaran bunga yang menjadi kewajiban Anda.

Sesuai aturan OJK, perusahaan fintech hanya boleh membebankan bunga maksimal 0,8% per hari. Jika jumlah bunga pinjaman diakumulasikan, juga dilarang mencapai lebih dari 100% dari nilai pinjaman.

Tips Agar Pinjaman Online di ACC

Aplikasi pendanaan Anda memiliki peluang lebih besar untuk disetujui oleh pinjaman online 24 jam daripada bank.

Namun, dengan catatan anda dapat memenuhi persyaratan pengajuan secara lengkap. Berikut tips agar permohonan pinjaman cepat disetujui.

Kirim Dokumen yang Diminta Lengkap

Pastikan anda mengunggah dokumen sesuai kebutuhan. Dokumen tersebut umumnya KTP, slip gaji, NPWP dan data lainnya.

Dokumen ilegal atau data yang tidak lengkap akan membuat aplikasi Anda tidak diterima. Selain lengkap, dokumen yang dipindai juga harus jelas dan terbaca, jika tidak, aplikasi Anda mungkin gagal ACC.

Memiliki NPWP

Anda wajib memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ingin mengajukan pinjaman dana. Dengan memiliki dokumen ini maka anda memiliki bukti bahwa adalah pekerja yang memiliki lewajiban pajak dengan baik.

Dengan begitu tingkat kepercayaan pada Anda akan semakin baik dan peluang menjadi ACC juga akan semakin besar.

Penuhi Persyaratan

Adapun syarat agar seseorang bisa di ACC dalam meminjam uang secara online di perusahaan fintech antara lain :

  • Warga negara indonesia
  • Dari 21 hingga 55 tahun 55
  • Memiliki bukti identitas e-KTP asli
  • Punya penghasilan tetap

Jika 4 poin di atas sudah anda lengkapi maka pengajuan pinjaman online anda akan mudah untuk di terima.

Nomor Telepon yang Mudah Dihubungi

Permohonan pinjaman dapat gagal diterima jika nomor telepon kontak yang Anda berikan sulit dihubungi. Hal ini dikarenakan perusahaan kesulitan memproses verifikasi data Anda melalui nomor telepon.

Penulis: Redaksi

Baca Juga