Panglima TNI dan Kapolri Pastikan Perayaan Tahun Baru Kondusif

Kapolda Metro Jaya bersama Pangdam Jaya saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019)
Kapolda Metro Jaya bersama Pangdam Jaya saat memberikan keterangan di Polda Metro Jaya, Selasa (31/12/2019)

Jakarta, Akuratnews.com - Di penghujung tahun 2019, Kapolri Jenderal Idham Azis beserta Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto melakukan monitoring kegiatan pengamanan perayaan Tahun baru 2020 di Gedung Promoter Polda Metro Jaya

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan sudah memberikan "wejangan" kepada seluruh aparat TNI-Polri untuk bekerja secara humanis, sesuai standar operasional prosedur (SOP), dan prosedur tetap (protap). Pesan itu disampaikan demi menjamin keamanan masyarakat.

"Sehingga perayaan menjelang Tahun Baru 2020 dirasakan oleh seluruh masyarakat Indonesia dalam situasi yang berbahagia dan didasari oleh situasi keamanan yang baik," kata Panglima TNI dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Pada kesempatan yang sama, Kapolda Metro Jaya Komjen Gatot Eddy Pramono, mengatakan situasi saat ini di DKI Jakarta dan sekitarnya dalam keadaan kondusif. Titik kumpul masyarakat dalam merayakan pergantian tahun juga dipastikan aman.

Setelah kegiatan monitoring Kapolda dan Pangdam Jaya melakukan pengecekan langsung pengamanan malam tahun baru di empat titik keramaiam masyarakat. Ancol, Taman Mini, Monas dan bunderan Hotel Indonesia.

Sekitar pukul 21:15 Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya bersama rombongan berangkat dari Polda Metro Jaya untuk melakukan pemantauan langsung ke tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol.

Sekitar 10 menit berada di Ancol pemantauan dilanjutkan ke Taman mini di daerah Jakarta Timur.

Dalam kunjunganya Kapolda Metro Jaya bersama Pangdam jaya ke Taman Mini untuk memastikan kawasan wisata itu aman dan kondusif.

"Alhamdulillah sampai hari ini kegiatan masyarakat di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya yang dipusatkan di Bundaran HI (Hotel Indonesia), Monas, kemudian juga ada di Ancol dan Taman Mini, semuanya masih berjalan aman, lancar, dan kondusif," ujar dia pada kesempatan yang sama.

Sementara itu kegiatan pengaman, kata dia, sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari oleh TNI-Polri. Menurut Gatot, titik fokus kemanan adalah tempat kegiatan keagamaan, lokasi berkumpul masyarakat, dan tempat-tempat rekreasi.

"TNI bersama Polri, kemudian Pemprov DKI Jakarta, dan juga Pemerintah Kabupaten/Kota, semua baru tadi siang sampai dengan nanti menjelang pergantian tahun kita akan siap menjaga keamanan di Jakarta," kata dia.

Rombongan tiba di Bundaran HI, pukul 23.50 WIB, mereka langsung menyaksikan malam pergantian tahun di Bundaran HI sekaligus memantau situasi keamanan.

Penulis: Edi Suroso

Baca Juga