Pantau dan Cegah Virus Corona, BAZNAS Bangun Crisis Center

Jakarta, Akuratnews.com - Positifnya dua WNI terpapar virus Corona di Indonesia diharapkan tak menimbulkan keresahan berlebih. Masyarakat diminta tetap tenang menghadapi merebaknya virus ini.

"Namun masyarakat tetap waspada dengan cara terus mengikuti langkah-langkah pencegahan yang disampaikan pemerintah dan ahli medis," ujar Direktur Utama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Arifin Purwakananta di Jakarta, Senin (2/3).

BAZNAS dan Forum Zakat (FOZ) bersama BAZNAS seluruh Indonesia dan Lembaga Amil Zakat se-Indonesia sendiri telah membentuk Crisis Center guna mencegah penyebaran virus Corona.

Koordinasi Crisis Center ini diharapkan dapat berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang membantu mencegah penyebaran virus corona terutama pada mustahik, kelompok-kelompok rentan serta seluruh jaringan organisasi pengelola zakat Indonesia.

Crisis Center ini nantinya juga diharapkan dapat membantu proses tanggap darurat akibat tersebarnya virus ini.

“BAZNAS juga berharap dengan pembentukan Crisis Center ini dapat menjadi jembatan layanan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi detail terkait pencegahan dan penanganan virus Corona agar tidak menjadi epidemi di Indonesia,” kata Arifin.

Virus ini menyerang orang dengan daya tahan tubuh rendah sehingga BAZNAS makin mengintensifkan program kesehatan, terutama melalui program-program Rumah Sehat BAZNAS (RSB).

Sebelumnya, BAZNAS dan FOZ juga sudah melakukan bantuan reaksi cepat untuk corona dengan program pembagian masker dan program promosi kesehatan, serta berbagai kegiatan preventif terhadap virus corona.

Crisis Center ini nantinya akan menggabungkan kekuatan BAZNAS, LAZNAS, LAZ daerah dan komponen masyarakat zakat lainnya yang berada di bawah FOZ. FOZ akan mendukung dengan menggerakkan semua komponen LAZ di seluruh Indonesia.

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga