Parah, Kasus Narkoba di Sinjai Meningkat Signifikan

Ilustrasi narkotika.

AKURATNEWS - Pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data Kepolisian Resor (Polres) Sinjai melalui Satresnarkoba, kasus narkoba di 2020 sebanyak 26 kasus. Meningkat menjadi 34 kasus di 2021.

"Januari hingga Desember 2021 ini, kasus yang kita tangani ada 34. Angka ini meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 26 kasus," kata Kasat Narkoba Polres Sinjai, AKP Zeim Amran, Kamis (23/12/2021).

Sepanjang 2021, kata dia, jumlah tersangka yang berhasil diamankan Polres Sinjai sebanyak 50 orang, juga meningkat, yang sebelumnya 39 orang di 2020.

Kasat Narkoba Polres Sinjai, AKP Zeim Amran. /ist/AKURATNEWS.

"Tersangkanya ini dari berbagai kalangan, ada pria dewasa, wanita hingga anak di bawah umur. Selain itu, pelakunya ada yang bandar, hanya pengguna, dan residivis kasus yang sama. Untuk penyelesaian kasusnya, tahun lalu 28 diselesaikan, sedangkan tahun ini 35 kasus terselesaikan," jelasnya.

Masih kata Zeim, barang bukti (BB) seluruhnya di 2021 sebanyak 30,50 gram jenis shabu, 262 butir obat keras tramadol, dan 3,65 gram tembakau gorilla.

Untuk menekan kasus ini terus bertambah di Kabupaten Sinjai, Zeim mengaku bahwa pihaknya akan fokus memberantas bandarnya.

"Kita akan fokus brantas bandarnya dan tidak tebang pilih. Selain itu, juga melakukan langkah pencegahan dan penyuluhan-penyuluhan terkait bahaya narkoba, baik di tingkat pelajar maupun ke masyarakat luas," pungkasnya.

Penulis: Ashari

Baca Juga