Parlemen Swiss Gelar Referendum Pernikahan Sejenis

Negara Swiss / Pixabay
Negara Swiss / Pixabay

AKURATNEWSSwiss menggelar referendum yang akan mengatur tentang pernikahan sesama jenis. Demikian dilansir dari, France 24, Minggu, 26 September 2021.

Swiss adalah negara terakhir di Eropa Barat yang melarang pernikahan sesama jenis. Dalam referendum akan diputuskan apakah akan mengizinkan pasangan sesama jenis menikah dan mengadopsi anak.

Pemerintah federal dan parlemen telah menyetujui undang-undang yang diamandemen. Namun, pihak oposisi yang dipimpin Partai Rakyat Swiss sayap kanan memaksa referendum di bawah sistem demokrasi langsung Swiss.

Menurut jajak pendapat terbaru, pendukung pernikahan sesama jenis terus bertambah dalam beberapa pekan terakhir. Pemungutan suara sendiri diperkirakan sekitar pukul 10.30 pagi waktu setempat dan hasilnya diumumkan di hari berikutnya.

Undang-undang yang diamandemen akan memungkinkan pasangan sesama jenis untuk menikah dan mengadopsi anak-anak yang tidak terkait dengan mereka.

Pasangan lesbian yang sudah menikah juga akan diizinkan untuk memiliki anak melalui donasi sperma, yang saat ini hanya diizinkan untuk pasangan heteroseksual yang sudah menikah.

Amandemen juga memudahkan pasangan asing dari individu Swiss untuk mendapatkan kewarganegaraan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Istimewa

Baca Juga