Partisipasi PSU di Depok Rendah

Depok, Akuratnews.com- Tingkat partisipasi saat proses Pencoblosan Suara Ulang (PSU) yang digelar di TPS 65, RT 04 RW 07 Jatijajar, Kota Depok alami penurunan drastis dibanding saat pencoblosan 17 April 2019 lalu.

Dari sebanyak 185 DPT di TPS 65, partisipasi PSU hanya capai 139 pemilih. Angka partisipasi tersebut jauh lebih rendah ketimbang saat pencoblosan 17 April lalu yang partisipasi pemilihnya mencapai 183 orang.

"Partisipasi DPT saat pelaksanaan PSU jumlahnya lebih sedikit dari pada saat pencoblosan sebelumnya" kata Anto, Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Jatijajar, Depok, Senin (29/4/2019).

Dirinya menyebut, angka partisipasi PSU pada Saptu,(27/4/2019) lalu hanya capai 139 orang pemilih dari total DPT sebanyak 185 di TPS 65 Kelurahan Jatijajar, Depok.

Padahal partisipasi pemilih di TPS yang sama saat pencoblosan 17 April lalu, capai 183 orang. Minimnya partisipasi pemilih bisa karena minimnya waktu sosialisasi PSU.

Anto juga mengaku isu kabar PSU sudah terdengar sekitar satu minggu sebelum waktu pelaksanaan PSU. Lalu dikuatkan lagi satu hari sebelum PSU.

"Isu kabar PSU sebelum tanggal 23 April, dikuatkan tanggal 26, lalu dilaksanakan pada 27 April 2019. Turunya partisipasi pemilih bisa jadi karna ada yang kerja juga", kata Anto.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan PSU digelar karena terdapatnya tujuh orang pemilih yang ber KTP elektronik diluar Kota Depok yang memilih di TPS 65 tanpa menggunakan formulir A5.

Terkait rendahnya partisipasi PSU, Nana merasa tidak mengetahui secara pasti penyebabnya. Dirinya mengatakan bahwa tidak bisa menduga penyebabnya apa.

"Saya tidak bisa menduga-duga penyebabnya apa. Yang pasti kami telah memaksimalkan diri untuk mempersiapkan hanya dalam waktu yang sangat singkat, dan alhamdulillah kami mampu mempersiapkan itu secara baik.

Nana juga pastikan jika PSU tidak akan terjadi lagi di Kota Depok. PSU hanya terjadi di TPS 65 saja. "PSU hanya terjadi disatu TPS itu saja", jelasnya.

Kesempatan lain, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Depok, Luli Barlini yang memantau langsung jalanya proses PSU di TPS 65 mengatakan pelaksanaan PSU berjalan lancar dengan jumlah partisipasi pemilih capai 74,59 persen.

"Pelaksanaanya berjalan lancar, perhitunganya selesai hingga pukul 20:30 wib dengan partisipasi pemilih 74,59 persen" ucapnya.

Tak hanya Luli, plaksanaan PSU di TPS 65 Jatijajar juga dipantau langsung Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah, anggota KPU Jabar, Titik Nurhayati, Ketua KPU Depok, Nana Shobarna.

Seperti diketahui, hasil suara untuk Pilpres pada PSU Kelurahan Jatijajar perolehan suara untuk paslon 02 lebih unggul dari Paslon 01 yakni meraih 77 suara. Sedang dari paslon 01 mendapat 60 suara. Dua suara diantaranya tidak sah.

Penulis: Eko Ahdayanto
Editor: Redaksi

Baca Juga