Massa HM Bahar Datangi DPRD Minta Somasi Panitia

Pasca PSU, PPKD Aska Tetapkan Cakades Terpilih di KPU Sinjai

PPKD Aska menetapkan Cakades terpilih 2022-2028 di Aula KPU Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (30/3/2022). /Ashari/Akuratnews.

AKURATNEWS - Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Aska, Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menetapkan Ihwan A Usman sebagai Calon Kepala Desa (Cakades) terpilih periode 2022-2028, Rabu (30/3/2022).

Ihwan A Usman atau Cakades nomor urut 1 ini ditetapkan, usai meraih suara terbanyak mengungguli rivalnya nomor urut 5 H Muh Bahar pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 1 Dusun Hempangnge Desa Aska pada Minggu, 27 Maret 2022 lalu.

Ihwan A Usman hanya unggul tipis 8 suara, jika semua suara dari 6 TPS di Desa Aska diakumulasi. Ihwan A Usman dengan 949 suara, dan H Muh Bahar 941 suara.

"Cakades terpilih sudah ditetapkan. Penetapan dilaksanakan di Aula Kantor KPU Sinjai," kata Sekretaris PPKD Aska, Saiful.

Ia mengungkapkan, tempat penetapan terpaksa dipindahkan di KPU lantaran suasana tidak kondusif apabila dilaksanakan di Aula Kantor Desa Aska.

"Rapat pleno agendanya dilaksanakan di kantor desa dengan pengawalan ketat aparat keamanan, namun karena masih adanya aksi protes pendukung Cakades nomor urut 5 yang tidak menerima hasil PSU, sehingga kita pindahkan," ujar Saiful.

Pilkades di desa ini sebelumnya mulai berpolemik setelah pelaksanaan pemungutan suara pada Pilkades Serentak 17 Maret 2022 lalu.

Dalam Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara kelima Cakades yang dilaksanakan PPKD Aska saat itu, Ihwan A Usman kalah dari rivalnya H Muh Bahar.

Ihwan A Usman meraih 905 suara, sedangkan H Muh Bahar unggul dengan 918 suara atau selisih 13 suara.

Karena menilai ada kecurangan, Ihwan A Usman mengajukan gugatan kepada PPKD. PPKD kemudian menerima gugatan itu dan memutuskan untuk dilakukan PSU.

Aksi Protes Pendukung Cakades HM Bahar

Hari yang sama, Rabu (30/3/2022), ratusan massa Aliansi Masyarakat Aska yang tak lain adalah pendukung Cakades nomor urut 5 H Muh Bahar, melakukan aksi protes kepada PPKD hingga mendatangi Kantor DPRD Kabupaten Sinjai.

Aksi protes massa pendukung Cakades nomor urut 5 H. Muh. Bahar di Kantor DPRD Sinjai, Sulawesi Selatan, Rabu (30/3/2022). /Ashari/Akuratnews.

Mereka mendesak pembatalan PSU di TPS 1 Dusun Hempangnge tiga hari lalu karena bertentangan dengan undang-undang.

"Keputusan PSU bertentangan dengan ketentuan Peraturan Bupati Sinjai nomor 30 tahun 2021. Dari 4 poin pada pasal 69 ayat 2 tentang syarat terjadi PSU pada Perbup ini, tidak ada yang memenuhi unsur,” tegas Koordinator Lapangan, Hasbullah.

Selain meminta pembatalan PSU, Aliansi Masyarakat Aska memberikan somasi kepada PPKD Kabupaten Sinjai, dan PPKD Aska karena saat ini ada registrasi PTUN untuk tidak melakukan penetapan selama proses PTUN berlangsung.

Kuasa Hukum Cakades nomor urut 5 kabarnya telah mengajukan permohonan perkara ke PTUN terkait pelaksanaan Pilkades Aska, utamanya keputusan PPKD melaksanakan PSU. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga