Pasca Tragedi Wamena, BAZNAS Aktifkan Crisis Center

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Muhammad Fuad Nasar (kiri), Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat BAZNAS, Dr Irfan Syauqi Beik (tengah) dan Pelaksana Harian Crisis Center Baznas untuk Papua, Ahmad Fikri (kanan) saat memberikan keterangan kepada awak media.

Fikri mengatakan, sejak Jumat (27/9), tim yang terdiri dari personil Baznas Pusat, Baznas Provinsi Papua dan Baznas Kabupaten Mimika telah berada di lokasi dan memberikan bantuan awal. Bantuan awal ini berupa distribusi air minum, pakaian layak pakai dan dukungan psikososial di Pangkalan Udara (Lanud) Silas Papare, Jayapura.

Di Lanud Timika, Kabupaten Mimika, Tim Baznas memberikan makanan siap saji dan mendirikan dapur umum. Tim Baznas juga memberikan layanan medis yang dibutuhkan para pengungsi.

"Selanjutnya, Baznas akan meningkatkan layanan pengungsian di lokasi lain, terutama di lingkungan komunitas pendatang serta meningkatkan kapasitas bantuan tim di lokasi pengungsian," katanya.

Sementara itu di Jakarta, Baznas menguatkan kerjasama berbagai lembaga kemanusiaan yang membantu krisis di Wamena, termasuk mengajak masyarakat berpartisipasi dalam penggalangan dana.

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Muhammad Fuad Nasar mengapresiasi kehadiran Crisis Center Baznas untuk Papua.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Yandi Permana
Editor: Redaksi

Baca Juga