Pasca Vaksinasi Covid-19, Tumpukan Limbah Medis di Cimpaeun Depok jadi Sorotan

Petugas dari Puskesmas saat lakukan pembersihan cevwran limbah medis di tempat ditemukanya limbah medis pasca Vaksinasi Covid-19 di Cimpaeun Tapos Depok, Senin,(26/7).
Petugas dari Puskesmas saat lakukan pembersihan cevwran limbah medis di tempat ditemukanya limbah medis pasca Vaksinasi Covid-19 di Cimpaeun Tapos Depok, Senin,(26/7).

AKURATNEWS.COM- Limbah medis pasca vaksinasi Covid-19 berlokasi di SMK Negeri 1 Cimpaeun, Tapos Depok yang masih berada di sekitar lingkungan RW 01 itu kini telah dibersihkan pihak puskesmas setempat.

Limbah medis itu sebelumnya menjadi sorotan publik setelah tumpukan limbah medis ada dalam rekaman video amatir warga dan dishare ke media sosial @Depok24jam.

Seorang warga Tapos, Rudi mengatakan sebelum adanya limbah itu menang ada pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di SMK Negeri 1. " kalo ngak salah peserta vaksonasinya sampai 1.000 orang", katanya, Senin,(26/7).

Plt Camat Tapos Anwar Nasihin membenarkan, jarum-jarum suntik itu merupakan limbah medis sisa vaksinasi Covid-19 secara massal di sekolah tersebut.

"Pelaksanaanya itu tanggal 14 Juli 2021. Ada 1.537 peserta vaksinasi Covid-19 saat itu," kata Anwar.

"Itu gabungan (antara vaksinasi massal yang diselenggarakan Kecamatan Tapos) dengan serbuan vaksin TNI-Polri. Hanya saja tempatnya memang di kami," jelasnya.

"Memang disayangkan ada yang tercecer. Sekarang oleh puskesmas sudah dibersihkan semuanya dan sudah bersih sekarang," tambahnya.

Kepala UPTD Puskesmas Cimpaeun, Dr Siti Amalia mengatakan, kejadian itu akan menjadi evaluasi pihaknya selaku pelaksana vaksinasi yang berlangsung pada 14 Juli 2021 lalu.

“Ini akan menjadi evaluasi bagi kami untuk lebih cermat lagi agar tidak ada sampah medis yang tertinggal,” jelasnya.

Limbah medis  dari vaksinasi Covid-19 yang masih tersisa di pembuangan sampah SMK Negeri 1 Depok, Kelurahan Cimapeun, Kecamatan Tapos Depok.

Siti mengatakan, usai pelaksanaan vaksinasi sampah telah diangkut mobil Satpol PP untuk diangkut ke ke Kantor Kecamatan Tapos, sebab itu sudah menjadi prosedur pembuangan sampah medis.

Sementara, terkait limbah medis tersebut sempat mendapat respon dari pihak Polisi Resort Metro Depok.

Melalui Kepolisian Sektor Cimanggis, Depok limbah yang ada dalam rekaman video amatir warga dan dishare ke media sosial @Depok24jam itu kini dalam proses penyelidikan polisi.

Kapolsek Cimanggis, Kompol Ibrahim Joao Sadjab mengatakan video rekaman di media sosial terkait ada temuan limbah medis berupa jarum suntik di dalam selokan masih dalam penyelidikan.

"Petugas masih menyelidik siapa pembuang jarum suntik tersebut dan masih kita dalami temuan jarum suntik yang dibuang tersebut berasal dari vaksinasi atau yang lain," ujar Kompol Ibrahim kepada wartawan.

Diketahui, limbah bekas suntikan berada di tempat pembuangan sampah ditemukan warga berada kawasan RT 01/01 Cimpaeun, Tapos gak jauh dari sekolah SMK Negeri 1 Tapos Depok.

Penulis:

Baca Juga