Peduli Terdampak Corona, Masjid Nurrurohman Depok Tebar Paket Sembako

Depok, Akuratnews.com — Banyak cara meringankan beban warga tak mampu yang terdampak tak langsung dari pandemi Corona.

Masjid Nurrurrohman misalnya, masjid yang berada di Kavling Pelita Air Service, Rangkapan Jaya Baru, Pancoran Mas, Depok meresponnya dengan cara membagikan 100 paket sembako.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Nurrurrohman, Syahruddin El-Fikri mengatakan, paket sembako ini diberikan untuk meringankan beban ekonomi yang sekarang semakin sulit.

“Sasarannya adalah kaum dhuafa, tukang, driver ojek online, hingga asisten rumah tangga. Semuanya adalah warga yang berada di dalam lingkup lima RT yang ada di dalam wilayah RW 15,” kata Syahruddin di Depok, Jumat (3/4).

Kegiatan yang dilakukan di areal Masjid Nurrurohman ini seperti dijelaskan Said Saleh, ketua panitia, dana pemberian sembako ini bersumber dari donasi warga.

"Pemberian sembako ini menjadi ikhtiar warga Kavling Pelita untuk saling peduli dan perhatian pada sesama warganya, terutama kepada warga yang sangat terdampak dari pandemi ini,” ujarnya.

Said mengatakan dalam setiap paket itu berisi beras seberat lima kilogram, gula pasir (0,5 kg), minyak goreng (1 liter), serta mie instan kemasan (7 bungkus). Nilai total paket tersebut, kata dia, seharga Rp 100 ribu.

Untuk mekanisme pemberian, Said mengatakan, pihaknya melakukan model substitusi. Khusus untuk kelompok dhuafa, kata dia, pihaknya memberikan secara gratis. Sedangkan untuk tukang, driver ojek online, serta asisten rumah tangga, cukup membayar Rp 50 ribu.

“Ini baru ikhtiar awal kami. Insha Allah ke depan masjid akan menjadi sentral untuk menggalang bantuan ekonomi warga. Kita berupaya memaksimalkannya dari dana infak dan sedekah warga,” katanya.

Sementara itu untuk menyambut Ramadhan, Syahruddin mengatakan, pihaknya sudah memiliki sejumlah agenda untuk memakmurkannya.

Dengan tagline program bernama Gebyar Ramadhan, pihaknya sudah menyiapkan 20 program kegiatan.

“Termasuk di dalamnya santunan buat warga kurang mampu yang ada di sekeliling komplek. Ini sudah menjadi kegiatan tahunan. Insha allah tahun ini akan terus dilanjutkan,” ujarnya.

Penulis: Irish
Editor:Redaksi

Baca Juga