Pelajar SDN 1 Citayam dan Guru Dapat Bimbingan Hadapi Gempa

Depok, Akuratnews.com - Sebanyak 880 pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Citayam, Bojong Pondok Terong, Cipayung, Kota Depok diberikan pemahaman cara menyelamatkan diri menghadapi situasi gempa bumi.

"Penyuluhan sekaligus simulasi dalam menghadapi gempa ini diberikan oleh Satuan Tugas Tentara Manunggal Membangun Desa (Satgas TMMD) sebagai dasar langkah awal para pelajar untuk tidak panik jika terjadi gempa," ujar Pratu Juhar Arifin di lokasi SDN 1 Citayam, Kamis (1/11/2018).

Kegiatan penyuluhan itu tidak hanya diikuti ratusan pelajar SDN. Para tenaga pengajar dan staf di sekolah itu juga turut ikut serta. "Ada 25 orang guru dan staf sekolah yang ikut dalam program penyuluhan gempa," katanya.

Menurut Juhar, hal pertama yang harus dilakukan jika gempa terjadi adalah para pelajar harus melindungi kepala dengan menggunakan tas atau barang yang ada. "Jika tidak ada, maka bisa melindungi kepala dengan kedua tangan," katanya.

Setelah itu, lanjutnya, bisa mencari titik aman berkumpul di lapangan yang jauh dari gedung. Namun saat menuju luar gedung harus tetap tenang dan tidak perlu berlarian, karena yang penting segera.

"Karen jika berlari dalam keadaan gempa, sangat dimungkinkan terjatuh dan justru tidak bisa menyelamatkan diri," tutur Juhar.

Menurutnya, jika guncangan gempa cukup kuat dan situasi tidak memungkinkan untuk hal tersebut, maka anak-anak diminta menghindari kaca dan berlindung dibawah meja.

Saat simulasi dilakukan, ratusan pelajar SD terlihat tenang dan tertib ikuti jalanya simulasi. Sebagian pelajar berlindung di bawah meja saat simulasi digelar dan sebagian lagi menuju lapangan sekolah.

"Jadi ketika ada gempa, kami harap anak-anak sudah siap bagaimana dan apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan diri. Pada intinya dengan apa yang diberikan ini, anak-anak tidak panik jika terjadi gempa," katanya.

Kepsek SDN 1 Citayam, Lia Marliani mengatakan sangat mengapresiasi penyuluhan tentang gempa yang dilakukan Satgas TMMD.

"Anak-anak jadi mengerti bagaimana cara menghadapi situasi saat gempa terjadi. Sekarang, banyak siswa yang bercita-cita menjadi TNI," katanya. (Eko)

Penulis:

Baca Juga