Pelaksanaan UAS SMP di Muna Berjalan Baik

Murid Kelas IX SMPN 1 Loghia Kecamatan Loghia Muna Sultra, Berpose bersama Kepala Sekolah dan Para Gurunya di Akhir Pelaksanaan UAS (23/4/2022)
Murid Kelas IX SMPN 1 Loghia Kecamatan Loghia Muna Sultra, Berpose bersama Kepala Sekolah dan Para Gurunya di Akhir Pelaksanaan UAS (23/4/2022)

AKURATNEWS - Pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra) kini telah berakhir dilaksanakan sejak Sabtu (23/04/2022).

Dalam prosesnya berjalan baik tanpa ada kendala sedikit pun, baik itu UAS yang dilaksanakan oleh lima SMP yang berbasis Komputer maupun UAS yang dilaksanakan oleh 75 SMP berbasis kertas alias manual.

Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna, Drs La Taha kepada Akuratnews.com diruang kerjanya baru baru ini.

Kata Dia, bahwa selama pelaksanaan UAS saat kami turun langsung melakukan pemantauan kesekolah sekolah, itu tidak ada kendala yang di alami oleh siswa siswi yang ujian dan itu merupakan salah satu harapan kami.

" Iya. Tidak ada kendala oleh mereka saat ujian. Semua berjalan baik. Baik itu UAS berbasis komputer maupun berbasis kertas atau manual. Dan itu adalah harapan kami," Tutur, mantan Kadis Perumah dan Pemukiman itu.

Sementara itu Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Loghia yang melaksanakan UAS berbasis kertas, Drs La Jiwa yang berusaha di temui di sekolahnya pada Sabtu (23/4/2022) mengamini ucapan atasanya itu (Kadis Dikbud).

" Untuk UAS kami gelar dengan berbasis kertas atau manual. Itu tidak ada kendala sedikit pun," Ucap mantan Kepsek SMPN 1 Napabalano itu.

Hanya saja, lanjut La Jiwa, dari jumlah muridnya disekolah sebanyak 129 orang yang terdaftar sebagai peserta UAS itu, paling banyak murid perempuan yang berhenti atau tidak mengikuti ujian di karenakan banyak yang kawin muda.

" Kami rasa ibah dengan kondisi anak didik kami yang tidak ikut ujian karena kawin muda. Padahal kita sudah berusaha menghubungi mereka untuk ikut ujian dulu. Hanya satu orang yang kami temukan yang awalnya hampir sempat kawin dan Alhamdulillah dia jadi ikut ujian," tukasnya.

Ditambahkan, bahwa sebanyak 129 murid yang terdaftar sebagai peserta UAS, peserta laki laki itu sebanya 63 orang sedang peserta perempuan sebanyak 66 orang.

" Jadi dari keseluruhan itu yang telah terdaftar, hanya 111 orang yang ikut UAS. 53 orang murid laki laki, yang tidak ikut sebanyak 10 orang. Sementara murid perempuan yang ikut UAS sebanyak 38 orang dan yang tidak ikut itu 28 orang," Jelasnya.

Ditempat berbeda pelaksanaan UAS SMP berbasis kertas yakni SMPN 1 Watuputih, Kepala Sekolahnya La Ngani, S.Pd mengungkapkan bahwa disekolahnya dari jumlah 123 orang yang sudah terdaftar sebagai peserta UAS hanya satu orang yang tidak ikut ujian.

" Peserta kami sebanyak 123 orang yang terdaftar. Hanya satu yang tidak hadir sejak awal sampai akhir palaksanaan UAS," tuturnya.

Pelaksanaan UAS SMP di Muna digelar dalam dua basis pelaksanaannya yakni berbasis Komputer dan berbasis kertas atau manual. Untuk berbasis Komputer dilaksanakan oleh SMPN 1 Raha, SMPN 2 Raha, SMPN 3 Raha dan SMPN 4 Raha serta SMPN 6 Raha yang digelar sejak tanggal 11 April 2022.

Sementara untuk UAS berbasis manual di ikuti oleh 75 SMPN diseluruh wilayah Kabupaten Muna digelar sejak 18 April 2022. Dan pelaksanaan UAS SMP di Muna itu berakhir bersamaan pada tanggal 23 April 2022.

Penulis: Zainal Arifin
Editor: Ahyar

Baca Juga