Agar Tak Cemari Sungai Bengawan Solo

Pelaku Industri Diminta Selesaikan Persoalan Limbah

Semarang, Akuratnews.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta pelaku industri untuk menyelesaikan persoalan limbah agar tidak mencemari aliran Sungai Bengawan Solo dalam waktu satu tahun. Apabila dalam kurun waktu tersebut tidak ada perbaikan, politisi PDI Perjuangan ini tak segan untuk melibatkan penegak hukum.

"Satu tahun silakan semua memperbaiki sistemnya (IPAL). Jangan buang limbah di sungai (Bengawan Solo). Kalau anda melanggar, maka penegak hukum saya akan turunkan dengan kewenangannya," ujar Ganjar di Solo, Kamis (5/12/2019).

Dalam kesempatan itu, Ganjar menyatakan sudah memiliki data terkait pelaku industri yang selama ini terindikasi menimbulkan pencemaran di Bengawan Solo.

"Sekarang lagi kerja semua, mudah-mudahan nanti bisa segera dibereskan. Data-datanya kita sudah ada," katanya.

Untuk diketahui, pencemaran Sungai Bengawan Solo tak hanya berimbas bagi warga Solo dan sekitarnya namun hingga ke warga Blora. Meskipun volume air sudah meninggi, namun aliran sungai yang berhulu di Kabupaten Wonogiri itu juga tak memenuhi syarat untuk diolah sebagai air minum oleh PDAM Kabupaten Blora akibat tercemar limbah.

Penulis: Redaksi

Baca Juga