Pelantikan Kepala BNPB yang Baru Ditunda

Jakarta, Akuratnews.com - Pelantikan kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang baru, ditunda. Sebab, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendadak akan menuju Lampung.

Demikian diungkap Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Johan Budi SP, Selasa (1/1/2019). Johan mengaku baru menerima informasi dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

"Mohon maaf, pelantikan Kepala BNPB, tidak jadi besok, ditunda. Barusan Mensesneg memberi tahu soal penundaan pelantikan Kepala BNPB yang baru. Pak Presiden mendadak harus ke Lampung," ungkap Johan.

Sebelumnya, dari undangan yang tersebar, Presiden akan melantik kepala BNPB pukul 09.00 WIB, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (2/1/2019).

Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, disebut bakal menggantikan posisi Willem Rampangilei sebagai kepala BNPB.

"Insyaallah. Jika tidak ada aral melintang, besok Bapak Presiden akan melantik Letjen Doni Monardo sebagai kepala BNPB," kata Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jabatan kepala BNPB adalah setingkat menteri. Pemberhentian dan pengangkatan kepala BNPB menjadi kewenangan Presiden.

"Kepala BNPB langsung bertanggung jawab kepada Presiden. Fungsi BNPB sangat strategis karena BNPB memiliki fungsi koordinasi, komando dan pelaksana dalam penanggulangan bencana, baik tahap pra bencana, tanggap darurat dan pascabencana," kata Sutopo dalam keterangannya. (Red)

Penulis:

Baca Juga