PELNI Berencana Datangkan Kapal Pesiar

Kapal Pelni
Jakarta, Akuratnews.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) berencana mendatangkan kapal pesiar (cruise) pada tahun 2017. Kapal cruise nantinya digunakan sebagai kapal wisata.
Direktur Utama Pelni, Elfien Guntoro menerangkan, perseroan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk mendatangkan kapal cruise tersebut.
"Sekarang sedang dicari kapalnya. Kami sinergi bersama beberapa BUMN perhotelan. Karena kan cruise itu pengelolaan di dalamnya seperti hotel. Jadi, kami kerja sama dengan BUMN perhotelan dan juga travel," ujar Elfien di Kantor Pusat Pelni, Jakarta, Rabu (04/01/17).
Elfien mengungkap, investasi yang dibutuhkan untuk mendatangkan kapal cruise sebesar Rp 250 miliar.
Investasi kapal cruise nantinya ditopang dari sinergi BUMN antara Pelni dan BUMN bidang perhotelan. Namun, dia tidak menyebutkan secara detail kapan kapal cruise didatangkan.
"Kami targetnya untuk cruise bisa menampung sekitar 200-300 penumpang. Cruise itu juga yang bekas, sebab kami tidak bisa pesan yang desain baru. Karena tidak mungkin bisa dilaksanakan," tandasnya.
Sekadar informasi, saat ini Pelni memiliki total 82 kapal, dengan rincian kapal tipe 3.000 penumpang sebanyak satu kapal, 2.000 penumpang 11 kapal, dan 1.000 penumpang sembilan kapal.
Kemudian, jenis 500 penumpang tiga  kapal, satu kapal roro dan dan satu Kapal Fery Cepat (KFC) Jetliner.  Sementara untuk kapal barang terdapat tiga kapal, 46 kapal perintis, dan satu kapal ternak. (Lukman)
Penulis:

Baca Juga