Terkumpul Lebih dari 1.000 Mural

Pembaharu Muda 3.0 Dorong Presiden Segera Mengesahkan Revisi PP 109/2012 untuk Lindungi Anak dari Rokok

AKURATNEWS - Kegiatan #ParadeMural Hari Kesehatan Nasional yang diinisiasi Pembaharu Muda 3.0 -- 17 anak muda terpilih dari 15 kota di Indonesia -- dan melibatkan masyarakat luas melalui kompetisi mural online dan offlin, berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 karya mural yang tersebar di media sosial, termasuk 100 gambar mural di tembok, menyampaikan pesan perubahan untuk mendorong Presiden Joko Widodo melindungi anak dari rokok dan mencapai target penurunan prevalensi perokok anak.

Jakarta, Akurat News – Tampak penuh ekspresi, Aghnina Wahdini dan Arya Saputra Ramadhani membacakan nama-nama pemenang kompetisi #ParadeMural Hari Kesehatan Nasional saat talkshow Webinar #ParadeMural yang berlangsung di Jakarta, sabtu lalu (27/11/2021). Silih berganti mereka membacakan nama pemenang yang berjaya di Kompetisi Online dan Offline #ParadeMural Hari Kesehatan Nasional, kegiatan kampanye yang diinisiasi Pembaharu Muda 3.0, yakni 17 anak muda terpilih dari 15 kota/kabupaten di Indonesia.

Arya Saputra Ramadhani adalah satu dari 17 Pembaharu Muda 3.0 asal kota Tangerang. Ia bersama 16 anak muda terpilih dari 15 kabupaten/kota telah didapuk menjadi Pembaharu Muda 3.0 setelah mengikuti Pelatihan Pembaharu Muda 3.0 yang difasilitasi Yayasan Lentera Anak, pada 27 September – 1 Oktober lalu di Bogor. Sepulang mereka ke kota masing-masing, ke-17 Pembaharu Muda langsung menyiapkan rencana aksi bersama komunitas dan organisasinya, salah satunya berupa kampanye #Parade Mural Hari Kesehatan Nasional yang telah dimulai pada 15 Oktober lalu hingga akhir November.

Kampanye #ParadeMural Hari Kesehatan Nasional ini bertujuan menyuarakan kepedulian lewat karya kreatif terkait pengendalian tembakau untuk menggalang dukungan dan memunculkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya melindungi kaum muda dari bahaya rokok.

Dalam kampanye #ParadeMural ini Pembaharu Muda 3.0 menggelar aksi menggambar mural di tembok-tembok kota berkolaborasi bersama organisasinya dan komunitas mural di kota masing-masing. Gambar mural tersebut menyuarakan pesan-pesan kepedulian untuk masa depan, dengan mendukung penurunan prevalensi perokok di Indonesia. Selain menggambar mural di tembok, Pembaharu Muda 3.0 juga mengadakan aksi menggambar mural di kanvas berukuran 1 meter, mewarnai mural bersama komunitas anak muda, serta melibatkan partisipasi masyarakat luas melalui kompetisi mural secara offline dan secara online menggunakan akun Instagram.

Arya sendiri pada 13 November lalu, telah mengadakan aksi kreatif menggambar mural di tembok kampung pemulung, kota Tangerang Selatan, bersama komunitas Aksi Kebaikan. Bersama Arya ada 8 Pembaharu Muda (PM) 3.0 lainnya yang juga menggelar aksi menggambar mural di tembok kota masing-masing. Mereka adalah Adelia Kusuma dan Mch. Intan Wahyuning Rahayu (PM 3.0 kota Madiun), Jinan Elfaretta (PM 3.0 kota Gresik), Purnawan Opoh (PM 3.0 kab. Banggai), Natalia Debora (PM 3.0 kota Jakarta), Novi Nurpadillah (PM 3.0 Kab. Bogor), dan Yogi Kurniawan (PM 3.0 kota Bengkalis).

Aksi menggambar mural di tembok yang mereka lakukan tidak main-main. Purnawan Opoh misalnya menggambar mural di tembok yang berlokasi di Bandara kabupaten Banggai. Sedangkan Yogi mewarnai tembok di kampusnya di Politeknik Negeri Bengkalis. Bahkan Adelia dan Mch Intan, menggambar mural sepanjang 2x26 meter di Stadion Wilis Madiun.

Selain menggambar mural di tembok kota, Pembaharu Muda 3.0 juga mengadakan aksi mewarnai mural bersama komunitas anak muda di kotanya masing-masing, bahkan juga menginisiasi parade mural online di media sosial Instagram. Salah satunya adalah Mch. Intan Wahyuning Rahayu, PM 3.0 kota Madiun yang juga pengurus ISMKMI Pusat, pada 15 Oktober menginisiasi #ParadeMural secara online di acara “Live Tagging Pak Jokowi” di akun Instagram @ISMKMI. Di acara “Live Tagging” itu puluhan kaum muda mewakili organisasi pemuda dan mahasiswa serentak mengunggah gambar mural di akun Instagram mereka, dilengkapi caption berisi pesan gambar muralnya, dan tercatat ada 69 peserta “Live Tagging Pak Jokowi” mengunggah gambar mural dalam “ParadeMural online tersebut.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis:

Baca Juga