Pembaharu Muda 3.0 Kota Bogor, Sosialisasi Parade Mural Melalui KISI FM dan IG Live

AKURATNEWS – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional di tahun 2021, Pembaharu Muda 3.0 dari kota Bogor, Novi Nurpadilah, akan memulai aksi offline kegiatan menggambar mural pada tanggal 31 Oktober 2021. Namun Novi sudah lebih dulu memulai sosialisasi kegiatan #ParadeMural di radio KISI FM Bogor dan melalui Instagram live di akun @fctcindonesia berkolaborasi dengan Adelia, PM 3.0 dari kota Madiun.

Sebelum menjalani pelatihan Pembaharu Muda 3.0 Novi sudah bergiat di Forum Anak Kabupaten Bogor dan menjadi Pendidik Sebaya pada kegiatan Young Health Program. Saat menjadi pengurus Forum Anak kabupaten Bogor Novi pernah melakukan kampanye Tolak Jadi Target, dengan menggalang suara dari anak-anak dan remaja yang beraktivitas di sekitar Taman Pemda terkait keresahan tentang banyaknya iklan dan promosi rokok di dekat sekolah di Kabupaten Bogor dan di sepanjang jalan yang dilalui anak-anak pada saat berangkat dan pulang dari sekolah.

Anak-anak dan remaja tersebut menyampaikan kekhawatiran mereka terhadap maraknya iklan dan promosi rokok di dekat sekolah mereka yang bisa mempengaruhi teman-teman sebaya mereka untuk mencoba merokok. Suara dari anak-anak dan remaja tersebut sudah dibawa oleh Novi dan teman-temannya dari Forum Anak kabupaten Bogor ke Forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bogor.

Namun Novi mengakui sampai saat ini belum ada tindak lanjut dari Pemkab Bogor terkait usulan anak-anak dan remaja untuk melarang iklan dan promosi rokok khususnya di dekat sekolah-sekolah di kabupaten Bogor tersebut.

Sedangkan tentang rencana aksi kreatif menggambar mural yang akan dilakukan pada 31 Oktober mendatang, Novi menyatakan sedang melakukan sejumlah persiapan.

“Kami merencanakan untuk menggambar mural tembok di Taman Pemda atau di stadion Pakansari, dan saat ini kami sedang mengurus perijinannya,” ujar alumnus SMA Negeri 1 Cibinong ini.

Rencananya, pada aksi kreatif menggambar mural tersebut juga akan ada kegiatan mendongeng oleh komunitas Dongeng Pangan.

“Setelah acara dongeng kami mengajak anak-anak untuk mewarnai mural bersama-sama,” jelas Novi.

Selain berkolaborasi dengan Forum Anak Kabupaten Bogor, Novi juga akan bekerjasama dengan komunitas Genre, Forum Osis, dan Remaja Sadar Hukum dan HAM. Nantinya selain kegiatan menggambar mural di tembok, mewarnai dan dongeng, akan ada orasi dari perwakilan anak muda kabupaten Bogor untuk menolak remaja menjadi taget rokok.

Penulis:

Baca Juga