Pembaharu Muda 3.0, Siap Aksi Dorong Regulasi Pengendalian Tembakau

AKURATNEWS – Setelah menyelesaikan Pelatihan selama lima hari (27 September s.d 1 Oktober 2021) di Bogor, pekan ini sebanyak 17 anak muda terpilih dari 15 kota/kabupaten di Indonesia yang bernaung dalam Pembaharu Muda 3.0 bersiap membuat rencana aksi yang akan digelar bersama sepanjang Oktober-November 2021 di daerah mereka masing-masing.

Pembaharu Muda adalah anak-anak muda terpilih dari berbagai kota/kabupaten di Indonesia, jebolan pelatihan Pembaharu Muda yang difasilitasi Yayasan Lentera Anak sejak 2016.

Sebelumnya, Pelatihan Pembaharu Muda 1.0 telah diadakan pada 2016 kepada 20 anak muda terpilih dari 17 kota/kabupaten, dan pada 2019 diadakan Pelatihan Pembaharu Muda 2.0 kepada 20 anak muda terpilih dari 20 kota/kabupaten.

Ketua Lentera Anak, Lisda Sundari, menyatakan tujuan Pelatihan Pembaharu Muda untuk menciptakan pemimpin muda yang peduli, berkomitmen dan berperan bersama organisasi dan komunitasnya untuk mendukung penurunan prevalensi perokok di Indonesia melalui kampanye, advokasi dan aksi bersama.

Lisda menyampaikan sejumlah pertimbangan mengapa Lentera Anak fokus memberikan pelatihan dan memfasilitasi kaum muda.

“Kaum muda adalah agenda strategis pembangunan dan perubahan, mereka memiliki Powerful voice dan kredibilitas. Mereka juga memiliki energi dan vitalitas, genuine dan tidak memiliki kepentengan politis,” ujarnya.

Menurut Lisda, urgensi mengadakan Pelatihan Pembaharu Muda didorong permasalahan pelik di Indonesia, dimana kaum muda merupakan target pemasaran industri rokok untuk mendapatkan perokok pengganti (replacement smoker) demi keberlangsungan bisnisnya.

Hal ini dibuktikan melalui serbuan iklan, promosi dan sponsor rokok yang semakin massif, baik di luar ruang, di dalam ruang, maupun di televisi dan media sosial yang gencar dilakukan industri rokok hingga saat ini.

Selanjutnya 1 2 3 4
Penulis:

Baca Juga