Pembentukan Armada Ketiga Masuk Dalam Program 100 Hari Kerja Panglima TNI

Jakarta, Akuratnews.com - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, pembentukan Armada RI ke tiga menjadi program 100 hari kerja Panglima TNI Hadi Tjahjanto.

"Alhamdulillah bahwa itu menjadi salah satu program 100 harinya Panglima TNI, Jadi dalam program 100 hari Panglima TNI, mungkin bulan April sudah terwujud, paling tidak sudah disetujui," kata Kasal saat konferensi pers Rapat Pimpinan TNI AL 2018 di Auditorium Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Jumat (26/1).

Pembentukan Armada ke tiga yang selama ini di inginkan TNI AL akhirnya akan dapat terwujud. sebelumnya TNI AL telah mengajukan pembetukan tambahan Armada tersebut pada masa Panglima Jenderal Moeldoko.

"Tentunya akan bertahap, ini adalah untuk Angkatan Laut berkaitan dengan pembentukan Armada ketiga, yang kedua pasukan Marinir (Pasmar) tiga," tuturnya.

Saat ini, kata Kasal, kantor Armada tersebut sudah dibuat berikut dengan Markas Komando pasukan Marinir. hanya saja tinggal menunggu keputusan Presiden.

"Kantornya sudah dibuat di kilometer 16, cuma legalitasnya belum ada termasuk Marinir. Jadi kalau main ke Sorong di situ ada Mako Pasmar dan Mako Armada. Jadi tinggal menunggu keputusan Presiden (Kepres)," jelasnya Ade.

Sebelumnya, Kasal Laksamana Ade Supadi juga pernah mengatakan bahwa pembentukan armada ketiga di kawasan tengah adalah keniscayaan demi menjaga kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang wilayah lautnya sangat luas. (Yan)

Penulis:

Baca Juga