Pemda Matim Kucurkan Dana 12 Milyar Untuk Infrastruktur Jalan Dalam Kota Borong

Manggarai Timur, Akuratnews.com - Pada tahun 2019 Dana Alokasi Khusus (DAK) Reguler senilai 12 miliar dikucurkan untuk penanganan jalan dalam kota Borong. Dana ini dialokasikan untuk 12 (dua belas) segmen ruas jalan yg tersebar di Kelurahan Kota Ndora, Rana Loba dan Kelurahan Satar Peot.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang KMT melalui bidang Bina Marga merilis daftar segmen penanganan pekerjaan hotmix jalan dalam Kota Borong tahun anggaran 2019 dari DAK Reguler. Segmen Satu sepanjang 1065 meter yang berlokasi di Ruas Jalan dalam Pasar Borong.  Segmen dua mencakup beberapa ruas jalan di Kampung Bugis sepanjang 851 meter.

Selanjutnya Segmen Tiga yang mengintervensi ruas jalan di depan Gereja Paroki Santo Gregorius yang membentang sepanjang 716 meter. Sementara ruas jalan di depan Sentra Industri Kecil Menengah masuk dalam Segmen Empat dengan panjang pengerjaan 267 meter. Untuk ruas jalan di Kompleks Rumah Jabatan Pimpinan DPRD di Golo Lada Borong dikerjakan sepanjang 468 meter yang masuk dalam Segmen Lima.

Komitmen untuk membenahi wajah Borong terlihat juga pada pengerjaan Segmen Enam sepanjang 1.036 meter ruas jalan yang terletak di Kampung Ende, Kelurahan Kota Ndora. Tidak hanya ruas jalan di Kampung Ende, kelurahan yg kini dipimpin oleh Saverius Songku ini mendapat intervensi di Segmen VII dan VIII untuk ruas jalan Kampung Baru dan Kampung Bajawa. Keduanya, masing masing dengan panjang 905 meter  dan 1188 meter.

Masih di Kelurahan Kota Ndora, Segmen IX dikerjakan sepanjang 1,46 km dimana ruas jalan ini membentang dari depan Kapela Borong hingga lembaga pendidikan SMAN IV Borong. Jalur lain yang langsung melewati lembaga pendidikan juga terlihat pada pengerjaan di Segmen X. Jalur jalan sepanjang 453 meter ini merupakan ruas jalan di sisi timur Hotel Kasih Sayang hingga SMPN I Borong.

Selain itu, masih ada juga ruas jalan Segmen XI di Kelurahan Rana Loba yang merupakan akses menuju MIS  Al Hidayah Borong sepanjang 263 meter. Ruas jalan segmen terakhir yg bersumber dari DAK Reguler dalam Kota Borong adalah jalan alternatif menuju Lehong sebagai Pusat Pemerintahan KMT yg dikerjakan sepanjang 632 meter.

Dengan demikian total panjang ruas jalan yang dikerjakan di kota Borong pada tahun 2019 yg sumber anggarannya berasal dari DAK Reguler adalah 9304 meter.  Sepanjang tahun 2019 masih ada juga pengerjaan jalan di Borong yang sumber dananya berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus Penugasan dan Dana Alokasi Khusus Afirmasi.

Penulis: Yohanes Marto

Baca Juga