Upaya Pencegahan Covid

Pemerintah Desa Bagi Kecamatan Madiun Rutin Agendakan Senam Dan Posyandu Lansia

Foto: suasana posyandu lansia.
Foto: suasana posyandu lansia.

Madiun, Akuratnews.com - Ditengah wabah pandemi Covid-19 saat ini, berbagai upaya terus digalakkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Bahkan pemerintah menekankan aturan ketat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Seperti yang dilakukan pemerintah Desa Bagi kecamatan madiun, kabupaten madiun. Dalam menghadapi kondisi pandemi ini, senam dan posyandu lansia menjadi agenda rutin Desa dalam upaya menjaga kesehatan warga lansia. Hal tersebut diprioritaskan mengingat daya tahan tubuh warga yang masuk lansia lebih rentan imunitasnya.

Saat ditemui di ruangnya Sekdes Bagi kecamatan Madiun, Sidik Aprianto mengatakan bahwa kegiatan senam dan posyandu lansia sempat vakum dan akan dirutinitaskan. "Kalau yang sekarang ini kegiatan posyandu lansia Bagi 01, di Desa bagi terdapat 4 group posyandu lansia, yaitu Bagi 01, bagi 02, bagi 03 dan bagi 04. Jumlah peserta hari ini sebanyak 80 dan kegiatan ini bisa dikatakan baru diadakan lagi pak, karena sempat vakum gara gara covid kemarin. Dengan dimulainya kembali kegiatan ini, mudah mudahan warga Desa bagi khususnya para lansia bisa lebih terjaga daya tahan tubuhnya", ujarnya kepada jurnalis, jum'at 23/10/2020.

Mbah Jadi (64), warga Desa bagi rt 9 rw 2 merupakan salah satu peserta senam dan posyandu lansia mengaku sangat senang dengan diadakannya kembali kegiatan rutin ini. "Alhamdulillah mas, sempat libur lama karena corona, sekarang bisa aktif lagi. Kalau saya sebagai peserta bisa dibilang paling aktif kegiatan ini mas, ya karena saya merasa kurang sehat, buat berdiri lama itu sudah gak begitu kuat. Pas gak ada kegiatan senam dan posyandu kemarin itu badan saya sering sakit linu rasanya. Mudah-mudahan ini nanti bisa menyehatkan saya dan teman-teman lansia disini", ungkapnya kepada jurnalis.

Senam dan posyandu lansia Desa bagi dimulai jam 08.00 sampai selesai. Untuk posyandu lansia sendiri langsung ditangani oleh dr. Eva dari puskesmas madiun. Dalam kegiatan tersebut, selain mendapat kebugaran, warga lansia juga mendapat snack dan obat-obatan untuk dikonsumsi dirumah.

Kades Bagi H. Mulyanto berharap, "mudah mudahan kegiatan senam dan posyandu lansia ini bisa rutin kembali supaya warga lansia Desa bagi selalu sehat karena otomatis imunitas tubuhnya meningkat sehingga lebih tahan dan kebal terhadap penularan covid-19. Semoga pandemi ini juga segera berakhir dan warga khususnya desa bagi bisa lebih aktif dan produktif kembali", tutupnya.

Penulis: Mascuk

Baca Juga