Pemerintah Dorong Pembangunan Infrastruktur

Jakarta, Akuratnews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah sedang memfokuskan pemerataan pembangunan di Indonesia. Apalagi, menurutnya, pembangunan nantinya bakal mendorong di segala sektor.

Hal itu diungkapkan Menkeu dalam acara peringatan satu tahun beroperasinya kantor regional IFAD (International Fund for Agricultural Development) di Jakarta.

" Infrastruktur tak hanya di Jakarta, tapi kita juga bangun banyak infrastruktur di level pedesaan seperti irigasi, sanitasi, air bersih, ini jadi penting. Area-area ini pemerintah benar-benar fokus membelanjakan anggaran yang besar," katanya kepada wartawan, Rabu (9/8/17).

Menkeu menuturkan nantinya pembangunan infrastruktur tak hanya sebagai upaya pemerataan pendapatan saja, melainkan pemerataan di segala bidang di Indonesia.

"Pemerataan yang lebih besar, tak hanya antara level pendapatan, tapi juga seluruh wilayah di Indonesia. Indonesia tak bisa hanya dilihat seperti Jakarta," ujarnya.

Menurutnya, dengan membuka perwakilan IFAD di Indonesia, hal itu mampu berkesinambungan dengan fokus pengembangan dengan anggota lainnya.

"Ini mengapa saya percaya IFAD memilih pusatnya di Jakarta, karena pengalaman Indonesia sebagai negara kepulauan relevan dengan Papua Nugini, Samoa, Vanuatu, Tonga, dan lainnya," ujar Sri Mulyani.

Menkeu pun membeberkan masalah masalah yang harus dihadapi pada konsentrasi utama di tiap sektornya. Selain masalah birokrasi yang masih rendah dimasalahkan lainnya.

"Negara-negara tersebut menghadapi tantangan yang sama dengan Indonesia. Sumber daya alam, penduduk, infrastruktur yang belum terbangun, dan paling penting juga kesejahteraan, khususnya pada masyarakat di pedesaan yang mana sulit dijangkau, dan pembuat kebijakan tidak melihatnya sebagai tantangan untuk menjadikannya prioritas," ujarnya. (Setyo)

Penulis:

Baca Juga