Awal Puasa

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1440 H Senin 6 Mei 2019

Jakarta, Akuratnews.com - Kementerian Agama tetapkan awal puasa 1 Ramadan 1440 H dimulai besok, 6 Mei 2019.

Penentuan tersebut berdasarkan sidang Isbat yang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin di Auditorium HM. Rasjidi, Gedung Kemenag, Jalan M.H Thamrin, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

"Berdasarkan posisi hilal dan kesaksian dari sejumlah petugas kita, seluruh peserta sidang sepakat menetapkan 1 ramadan jatuh pada esok hari, 6 Mei 2019," kata Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin.

Lukman mengatakan posisi hilal berada 4 derajat 30 menit 39 detik sampai 5 derajat 42 menit 32 detik. Hilal juga terlihat disembilan titik wilayah Indonesia.

"Dikonfirmasi oleh petugas kita yang ada di 102 titik di 34 provinsi. Meski laporan tidak seluruhnya, ada sembilan petugas ruqyah yang menyampaikannya testimoninya. Bangkalan, Gresik, Lamongan, seluruh di Jawa Timur juga Makasar, Sulsel, Brebes, dan Sukabumi. Setidaknya ada sembilan petugas kita bahwa mereka melihat hilal. Kesaksian yang dibawah sumpah," ucapnya.

Sidang Isbat diikuti oleh perwakilan Majelis Ulama Indonesia, Ketua Kimisi VIII DPR Ali Taher, BMKG, Lapan, hingga sejumlah duta besar.

Penulis: Hengky
Editor: Redaksi

Baca Juga