Pemkab Asahan Lakukan Mediasi Konflik Lahan Sawit di Dusun XIV

Asahan, Akuratnews.com - Guna menyelesaikan konflik lahan sawit yang terjadi di Dusun XIV, Desa Perbangunan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sumut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) mengambil langkah dengan melakukan mediasi antara pihak yang bertikai dan dihadiri stakeholder lainnya.

Kedua pihak yang bertikai yakni Koperasi Bangun Tani Sejahtera (KBTS) yang mewadahi masyarakat petani dengan Koperasi Tani (Koptan) Mandiri.

Rapat mediasi yang dipimpin oleh Kepala Dinas Perkim Asahan M. Syarif ini dilakukan di Kantor Dinas Perkim setempat, Kamis (26/3/2020).

Rapat ini dihadiri oleh Ketua KBTS Budiman Nainggolan didampingi beberapa masyarakat petani sawit, Pj Kepala Desa Perbangunan Sukmawan, perwakilan UPT Kehutanan Wilayah 3 Provsu, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Asahan dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Asahan.

Daftar hadir peserta rapat mediasi yang difasilitasi oleh Dinas Perkim Asahan, Kamis (26/3).

Namun, pihak yang bertikai yakni Koptan Mandiri tidak menghadiri rapat mediasi tersebut. Informasinya, mereka hanya mengisi daftar kehadiran dan langsung pergi meninggalkan kantor Dinas Perkim Asahan.

Usai rapat, Ketua Koperasi Bangun Tani Sejahtera (KBTS) Budiman Nainggolan saat dijumpai wartawan, menjelaskan, rapat tersebut menjabarkan terkait tuntutan masyarakat petani yang berharap agar lahan mereka dikembalikan sebagaimana awalnya.

"Intinya, masyarakat menuntut agar hak-hak nya yang sudah diserobot oleh Koperasi Tani Mandiri agar segera dikembalikan kepada masyarakat untuk diusahai dengan rasa aman dan nyaman tanpa ada gangguan dari pihak manapun sebagaimana sebelum konflik terjadi," ujar Budiman.

Budiman menambahkan, Kepala Dinas Perkim Asahan juga berjanji akan segera menindaklanjuti hasil rapat dan segera menyelesaikan masalah ini.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Redaksi

Baca Juga