Pemkab Muna Telah Miliki PCR, Kadinkes: Sudah Mau Difungsikan Tapi Kendala Izin

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muna, La Ode Rimbasua
Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Muna, La Ode Rimbasua

AKURATNEWS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam upaya melakukan pencegahan COVID - 19 di daerahnya, telah memiliki alat Polymerase Chain Reaction (PCR).

Alat itu diadakan dimasa masa beratnya dalam menghadapi pandemi Covid 19 yakni pada tahun 2020 lalu bersama 20 Item kelengkapan kesehatan lainnya dengan besaran anggaran sekira Rp 2 Miliar.

Kendati demikian alat PCR yang sudah diupayakan oleh dinas terkait itu dimasa darurat pandemi Covid 19, belum dapat di operasikan dikarenakan terkendala izin dari dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Bukan hanya itu, Dinas yang menanggulangi kesehatan masyarakat di Bumi Sowite (Kabupaten Muna) itu dalam rangka mengoperasikan alat PCR itu juga terkendala pada Sumber daya manusia (SDM)nya.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Muna, La Ode Rimbasua kepada wartawan, saat ditemui di kantornya beberapa waktu lalu.

“Untuk alat PCR semuanya sudah lengkap. Kita sesungguhnya sudah mau memfungsikannya, namun saat ini kami terkendala izin Operasional dari PTSP dan juga SDM yang berkompeten."terang Kadinkes yang menjabat dua periode dimasa Bupati Muna dr Baharuddin M.Kes dan LM Rusman Emba.

Saat wartawan beberapa kalia berusaha melakukan confirmasi Kepada tim teknis PTSP, Suhadi di Kantornya, terkait kendala izin operasi PCR Dinkes itu, tidak berada ditempat.***

Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga